Forgot Password Register

Astaga! Tanpa Sadar 5 Faktor Ini Jadi Penyebab Kita Jadi Konsumtif

Astaga! Tanpa Sadar 5 Faktor Ini Jadi Penyebab Kita Jadi Konsumtif Gerai Pakaian (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Gaya hidup konsumtif sepertinya saat ini tidak hanya menjangkit warga kota. Kemudahan mengakses internet saat ini rupanya juga mengubah warga di pedesaan. Lalu apa saja perilaku yang tanpa sadar membuat kita menjadi konsumtif? Menurut psikolog Universitas Indonesia, Devi Rahmawati, beberapa kasus ini menyebabkan orang jadi konsumtif.

1. Budaya

Setidaknya kita perlu menyadari bahwa sebagian pekerja di kota-kota besar pasti memilih membeli makanan untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. Hal ini rupanya sudah membudaya, terbukti beberapa rumah kos tidak menyediakan tempat masak, entah alasan keamanan karena takut kebakaran atau memang pemilik kos juga berpikir bahwa pekerja ya makannya harus beli.

2. Gaya Hidup

Bergaul dengan beberapa orang yang ekonominya cukup tinggi tentunya akan mempengaruhi kita. Apalagi, lokasi kantor yang juga mendukung untuk mengikuti fashion terbaru atau bahkan, di kantor tidak ada jajanan murah. Mau tidak mau akhirnya kita juga harus mengeluarkan uang lebih.

"Kumpul sama teman kantor yang ngajaknya ke kopi shop yang mahal, nah itu kadang sengaja nggak sengaja jadi terpengaruh kita," ujarnya.

Bahkan ungkap Devi, kasus semacam ini tidak hanya menimpa wanita karir, ibu rumah tangga juga menjadi sasaran empuk gaya hidup. Apalagi mereka yang aktif dalam kegiatan arisan atau organsasi di lingkungannya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More