Forgot Password Register

Bangunan Warisan Asian Games 2018 Diharapkan 'Long-Lasting'

Bangunan Warisan Asian Games 2018 Diharapkan 'Long-Lasting' Istora Senayan. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, mendorong semua pihak yang berkaitan dengan olahraga memanfaatkan infrastruktur yang dibangun khusus untuk Asian Games 2018, terutama venue cabang olahraga.

Ia berpesan agar operasional lintas rel terpadu (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan, dijaga agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Harapannya infrastruktur yang dibangun untuk Asian Games 2018 akan 'long-lasting' dan tempat-tempatnya tidak menganggur, terutama velodrome dan pacuan kuda di Pulomas," kata Bambang di Forum Merdeka Barat 19, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Baca Juga: Kemenpora Tepis Kabar Bonus Pelatih Asian Para Games Belum Disalurkan

Menurut catatan Bappenas, investasi konstruksi untuk Asian Games 2018 tercatat Rp29,1 triliun selama 2015 hingga 2018, itu terdiri dari pembangunan di Jakarta Rp13,6 triliun, Palembang Rp15,4 triliun, dan Jawa Barat Rp73,7 miliar.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, meminta para pengurus federasi cabang-cabang olahraga untuk menarik pertandingan dan perlombaan internasional dengan memanfaatkan bangunan warisan Asian Games 2018.

"Pasca-Asian Games saya sudah berkunjung ke velodrome, salah satu yang kita minta manfaatkan dengan baik. Di venue equestrian juga begitu. Kata kuncinya adalah semua even internasional itu dibawa ke Tanah Air, apalagi kepercayaan swasta tinggi sekali, pasti akan ada dukungan yang luar biasa dari dunia usaha," ujar Imam.

Baca Juga: Selepas Piala Asia, Bagaimana Nasib Timnas Indonesia U-16?

Selain dapat memanfaatkan infrastruktur Asian Games, penyelenggaraan pertandingan maupun perlombaan olahraga akan menambah pengalaman atlet-atlet nasional.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengemukakan target utama Indonesia setelah Asian Games 2018 adalah meraih prestasi di Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang dan Asian Games 2022 di Huangzhou, China.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More