Forgot Password Register

Begini Penampakan Medali Emas Buatan Singapura untuk Pertemuan Trump-Kim

Donald Trump dan Kim Jong Un. (Foto: Reuters) Donald Trump dan Kim Jong Un. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Singapura meluncurkan medali peringatan menjelang pertemuan puncak pekan depan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un yang bertuliskan "Perdamaian Dunia".

Medali itu dipajang di toko Singapore Mint. Selain terdapat tulisan, medali itu juga disertai gambar merpati dan zaitun sebagai lambang perdamaian dalam injil. Tak hanya serta mawar dan magnolia, bunga nasional kedua negara tersebut.


Ilustrasi Medali pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump. (Reuters)

Harga untuk satu medali tersebut mencapai USD1000 untuk versi emas. Hal itu menggambarkandua tangan berjabatan di depan bendera kedua negara dan tanggal 12 Juni.

Pertemuan Donald Trump dengan Kim Jong-un akan menjadi yang pertama antara presiden AS dengan pemimpin Korea Utara. Setelah perang urat syaraf selama beberapa dekade.

Baca juga: Pemenang Nobel Perdamaian Siap Bayar Penginapan Kim yang Super Mahal

Pertemuan tersebut bertujuan memulai pembicaraan tentang upaya mengakhiri program senjata nuklir Korut dengan imbalan penguatan hubungan diplomatik dan ekonomi.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengatakan Trump layak mendapat Hadiah Nobel Perdamaian atas usahanya untuk mengakhiri paceklik hubungan AS dan Korea Utara.


Ilustrasi Medali pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump. (Reuters)

Pada bulan lalu, Gedung Putih juga merilis koin peringatan untuk pertemuan puncak, Namun gambar Trump-Kim yang berdampingan itu menjadi polemik setelah Trump membatalkan pertemuan bersejarah itu pada 24 Mei lalu. Namun Trump pun kembali membuka komunikasi untuk pertemuan tersebut.

Singapura, negara Asia Tenggara kecil yang memiliki hubungan baik dengan negara-negara baik Timur dan Barat, cenderung ke arah netralitas, memproyeksikan dirinya sebagai negara penengah konflik seperti Swiss.

Baca juga: Kata Singapura Soal Pertemuan Bersejarah Kim Jong Un-Donald Trump

Pada 2015, Singapura menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah para pemimpin Taiwan dan China, pertama kalinya sejak kemenangan dalam perang saudara bagi Komunis pada 1949 yang membatasi musuh-musuh Nasionalis mereka ke pulau itu.

Tempat untuk pertemuan puncak Trump-Kim belum dapat dipastikan, meskipun Singapura telah mengumumkan zona acara khusus termasuk kementerian luar negerinya, kedutaan AS, dan beberapa hotel besar, seperti Shangri-La.

Pedagang Singapura juga melakukan transaksi perbankan di puncak, dengan bar menawarkan minuman bertema untuk memikat beberapa dari ribuan wartawan dan perutusan, yang diperkirakan datang berkunjung.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More