Forgot Password Register

Di KTT G20, Trump Sebut Kesepakatan Iklim Paris Sangat Buruk

Di KTT G20, Trump Sebut Kesepakatan Iklim Paris Sangat Buruk Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: Reuters/Luisa Gonzalez)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut kesepakan iklim Paris sangat buruk. Hal itu disampaikan lewat aku Twitternya pada Selasa (2 Desember 2018).

Dalam akun Twitternya, ia mengatakan bahwa dirinya senang dengan rekannya, yakni Macron dan para demonstran di Paris yang setuju dengan kesimpulan yang dicapainya dua tahun lalu.

"Kesepakatan Paris cacat karena membebani negara-negara yang bertanggung jawab dengan harga energi yang tinggi, sementara itu menutup-nutupi kesalahan para pencemar udara di dunia," ucapnya dalam cuitan Twitter.

"Saya ingin udara dan air bersih, serta telah membuat langkah besar dalam memperbaiki lingkungan Amerika. Namun, saya keberatan jika warga Amerika harus mengeluarkan uang untuk membersihkan polusi di negara-negara lain," tambahnya.

Baca juga: KTT Polandia Serukan Aksi Nyata untuk Atasi Perubahan Iklim

Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe mengatakan pemerintah telah menunda kenaikan harga bahan bakar yang direncanakan selama enam bulan, dalam upaya nyata untuk menenangkan para pengunjuk rasa.

"Tidak ada kenaikan pajak yang layak menempatkan kesatuan bangsa dalam bahaya," ucapnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu, Rabu (5/12/2018).

Sejak 17 November lalu, ribuan demonstran rompi kuning berkumpul di kota-kota besar Prancis, termasuk Paris, untuk melakukan aksi protes terkait dengan kenaikan pajak bahan bakar dan memburuknya situasi ekonomi di Prancis.

Pada Juni 2017, Trump telah mengumumkan bahwa Amerika Serikat menarik diri dari Kesepakatan Iklim Paris, sebuah perjanjian internasional yang bertujuan mengurangi emisi gas rumah kaca. Trump juga menuding para ahli klimatologi memiliki agenda politik.

Baca juga: AS Satu-satunya Negara yang Tolak Kesepakatan Perubahan Iklim di KTT G20

Share :
Komentar :

Terkait

Read More