Forgot Password Register

Duo Korea Kembali Gelar Pertemuan Tingkat Tinggi 16 Mei Esok

Bendera Korea Selatan dan Korea Utara. (Foto: Istimewa) Bendera Korea Selatan dan Korea Utara. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Korea Utara dan Korea Selatan sepakat mengadakan pembicaraan tingkat tinggi antar-Korea pada 16 Mei mendatang, Selasa (15/5/2018).

Kementerian Penyatuan Korea Selatan menyatakan, pertemuan tersebut untuk membahas langkah pelucutan nuklir di Semenanjung Korea.

"Korsel dan Korut akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi antar-Korea pada 16 Mei di Gedung Perdamaian Panmunjom untuk membahas pelaksanaan Pernyataan Panmunjom untuk Perdamaian, Kemakmuran dan Penyatuan Semenanjung Korea," bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Tepati Janji dengan Trump, Kim Jong Un Bongkar Lokasi Uji Coba Nuklir Korut

Pertemuan itu akan menjadi sejarah atas serangkaian langkah Korut, yang memacu harapan bahwa perang tujuh dasawarsa di Semenanjung Korea segera berakhir.

Korut menjadwalkan pembongkaran lokasi uji coba bom nuklirnya sekitar 23-25 Mei nanti. Hal itu juga sebagai janji Pimpinan Korut Kim Jong Un sebelum bertemu Presiden AS Donald Trump.

Baca juga: Presiden Palestina Dilarikan ke Rumah Sakit

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un akan bertemu pada 12 Juni di Singapura.

Perundingan internal Korea Korut akan mengirim 29 anggota delegasi yang dipimpin oleh Ketua Komite untuk Reunifikasi Damai Ri Son-gwon. Selain itu juga ada nama Wakil Menteri Perkeretaapian Kim Yun-hyok, dan Won Kil-U, Wakil Menteri Budaya dan Olahraga.

Dari Korsel, Menteri Penyatuan Cho Myoung-gyon akan memimpin kelompok terdiri atas lima perutusan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More