Pantau Flash
JK: Masyarakat Papua Diharapkan Terima Permintaan Maaf Gubernur Khofifah
Imbas Perang Dagang, China Mulai Kurangi Impor Emas Hingga 500 Ton
OTT Yogyakarta: KPK Bawa 5 Orang ke Jakarta untuk Diperiksa
G7 Adakan KTT di Tengah Kepanikan akan Perekonomian Global
Redam Hoax Kerusuhan Papua, Kemkominfo Sempat Perlambat Internet

Eggi Sudjana Mangkir (lagi) dari Panggilan Polisi Terkait Kasus Makar

Headline
Eggi Sudjana Mangkir (lagi) dari Panggilan Polisi Terkait Kasus Makar kuasa hukum Eggi Sudjana, Damai Hari Lubis (Foto: Pantau.com/Rizky Adytia)

Pantau.com - Tersangka dugaan kasus makar, Eggi Sudjana kembali tak memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Pihak Eggi Sudjana mengatakan alasan tidak hadirnya Eggi menunggu hasil persidangan praperadilan yang telah diajukannya atas kasus tersebut.

Sebelumnya, Eggi Sudjana telah mendaftarkan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Jumat, 10 Mei 2019.

Baca juga: Ini Penjelasan Polisi Dasar Penetapan Eggi Sudjana Tersangka Makar

"Alasanya (tidak hadir) Eggi sudah (mengajukan) prapradilan status tersangkanya ini, artinya sedang kita uji apakah sah menurut hukum atau tidak," jelas kuasa hukum Eggi Sudjana, Damai Hari Lubis di Polda Metro Jaya, Senin (13/5/2019).

"Pokoknya sampai hari ini kami menyampaikan beliau (Eggi) tidak hadir tapi kalau ada perubahan kita tidak tahu," sambungnya.

Permohonan praperadilan itu, kata Damai, lantaran pihaknya merasa ada yang janggal dengan Pasal yang ditetapkan terhadap kliennya itu. Sebelumnya, Eggi dituding dengan Pasal 160 KUHP tentang penghasutan. Sedangkan, kini justru Pasal 107 KUHP tentang makar.

Baca juga: Ajukan Praperadilan, Kuasa Hukum Bantah Eggi Sudjana Lakukan Makar

"Karena yang dilaporkan Pasal 160 KUHP kok jadi Pasal 107 KUHP itukan makar, hukumannya bisa mati, seumur hidup, 15 tahun," papar Damai.

Meski demikian, sambung Damai, kliennya itu akan bersikap kooperatif dan tidak akan melarikan diri dari kasus yang menjeratnya. Damai memastikan keberadaan Eggi Sudjana diketahui saat ini berada di wilayah Jakarta.

"Masih di Jakarta, kita timnya sepakat supaya beliau tidak usah hadir. Kalau hadir kan berarti buat apa prapradilan yang disampaikan itu," cetus Damai.

Diketahui, penyidik Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya memanggil Eggi untuk menjalani pemeriksaan lanjutan pada hari ini. Pemeriksaan itu adalah pemeriksaan pertamakalinya Eggi berstatus tersangka.

Baca juga: Polisi Persilakan Eggi Sudjana Ajukan Praperadilan

Polisi menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka dengan Pasal 107 KUHP dan/atau Pasal 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Rizky Adytia Pramana
Category
Nasional

Berita Terkait: