Pantau Flash
Ahsan/Hendra Raih Gelar Juara Dunia 2019
Hasil MotoGP Inggris 2019: Alex Rins Terdepan, Marquez Kedua
Soal Pemindahan Ibu Kota, Kemendagri Sebut Belum Tentukan Letak Pastinya
Putin Perintahkan Kemhan Rusia Balas Uji Coba Peluru Kendali AS
Catat! Ini Janji Menko Luhut Soal Solusi Masalah Sawit Indonesia

Eks Danjen Kopassus Dipolisikan Seorang Pengacara karena Tuduhan Makar

Headline
Eks Danjen Kopassus Dipolisikan Seorang Pengacara karena Tuduhan Makar Gedung Bareskrim (Foto: Pantau.com/Anugerah Ali)

Pantau.comMantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko dilaporkan ke Bareskrim Polri atas tuduhan makar. Dugaan makar itu dilaporkan seorang pengacara bernama Humisar pada Senin (20/5/2019).

Menurut Humisar, Sunarko diduga melakukan makar melalui ucapannya yang tersebar di YouTube. Salah satu ucapan yang dianggap meresahkan, menurut Humisar, adalah ajakan untuk mengepung KPU dan Istana Negara

“Dia memerintahkan mengepung KPU dan Istana Negara pada 22 Mei mendatang. Kemudian menyatakan polisi akan bertindak keras, tentara tidak. Pernyataan yang membuat keresahan," kata Humisar kepada awak media, di Bareskrim, Jakarta.

Baca juga: Densus 88 Tangkap Teroris yang Rencanakan Pengeboman pada Aksi 22 Mei

Masih menurut Humisar, dari pernyataan di YouTube itu, pernyataan Soenarko dianggap memprovokasi dan mengadu domba antara Polri-TNI dengan masyarakat. 

"Harapannya polisi dapat mencegah tindak pidana makar ini dan mengusut aktor-aktor dari tindak pidana makar ini bahkan sampai ke paling atasnya siapa yang bertanggung jawab," ujarnya.

Laporan Humisar pada hari ini telah diterima dan teregister dengan nomor: LP/B/0489/V/2019/Bareskrim. Soenarko disangkakan melanggar tindak pidana terhadap keamanan negara atau makar Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang KUHP Pasal 110 Jo Pasal 108 juga melanggar tindak pidana ketertiban umum Pasal 163 juncto Pasal 146. 

Baca juga: Densus 88 Dalami Unsur Radikalisme Pilot yang Serukan Aksi 22 Mei

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: