Forgot Password Register

Indonesia Terima Sulaman Mushaf Al-Quran Terbesar di Dunia

Indonesia Terima Sulaman Mushaf Al-Quran Terbesar di Dunia Sulaman mushaf Al-quran dari seniman China. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Pengusaha Malaysia, Tan Sri Lee Kim Yew menyumbang sebuah mushaf Alquran sulaman raksasa kepada umat Islam di Indonesia.

Utusan Khusus Presiden Joko Widodo (Jkowi) untuk Dialog dan Kerja Sama Antar Agama dan Peradaban Din Syamsuddin mengatakan, hadiah mushaf tersebut bukan secara tiba-tiba. Setidaknya, sambung Din, Tan Sri sudah memesan mushaf tersebut dari China sejak 2 tahun lalu. 

Selanjutnya, mushaf tersebut akan diberikan pada Kerajaan Arab Saudi. Din pun mengaku telah memberikan usul jika pemberian mushaf kepada Arab Saudi dilakukan oleh Jokowi.

“Lantas saya usulkan mengapa tidak melalui Presiden Indonesia, negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia,” kata Din dalam siaran persnya.

Baca juga: China Kecam Kebijakan Navigasi Militer AS di Laut China Selatan

Mantan Ketum PP Muhammadiyah itu menambahkan, Tan Sri menerima usulan tersebut. Pengusaha Malaysia itu telah mengirim proof reader untuk memastikan kebenaran penulisan mushaf.

Din mengatakan, pemberian mushaf ini juga sebagai bentuk solidaritas Tionghua terhadap Islam. Din melanjutkan, mushaf tersebut mungkin satu-satunya di dunia yang dituis di atas kain dengan ukuran besar.

“Mungkin ini satu-satunya mushaf Al-Quran yang ditulis di atas kain dengan sulaman dan dalam ukuran besar yang ada di dunia,” ujar dia.

Baca juga: Donald Trump (Kembali) Serang FBI Pasca Pejabat Tim Kampanyenya Diperiksa

Mushaf sulaman adalah karya seni dengan menggunakan tangan. Komunitas Muslim Haiyuan, Ningxia, Provinsi Otonomi Khusus Muslim di China adalah seniman di balik pengerjaan mushaf tersebut.

Proses pengerjaan sulaman Mushaf sepanjang 17 meter ini membutuhkan ketelatenan, ketelitian dan ketrampilan khusus sulam. Seorang penyulam profesional, dalam sehari maksimal hanya bisa menyelesaikan tiga baris tulisan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More