Pantau Flash
Menko PMK Perkirakan 10 Juta Orang Butuh Kartu Pra Kerja
Safawi Rasid Dicoret dari Timnas U-22 Malaysia
LRT Beroperasi Komersil Mulai 1 Desember dengan Tarif Rp5000
Iwan Bule Lepas Timnas U-22 Indonesia ke SEA Games 2019
Pertamina Mulai Uji Coba B30 di Terminal BBM

Irjen Pol Firli Terpilih Jadi Ketua KPK, Polri Apresiasi Proses Transparan

Irjen Pol Firli Terpilih Jadi Ketua KPK, Polri Apresiasi Proses Transparan Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Antara/Aprilio Akbar)

Pantau.com - Mabes Polri mengapresiasi atas terpilihnya Irjen Pol Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui proses Musyawarah Kapoksi (Ketua Kelompok Fraksi) oleh Komisi III DPR RI dengan mengumpulkan suara terbanyak yakni 56 suara.

Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi hasil yang ada dan proses pemilihan secara transparan dan demokratis.

"Polri sangat menghargai kemudian memberikan apresiasi kepada anggota DPR RI yang telah melaksanakan proses penentuan capim KPK secara demokratis, transparan. Publik semua bisa melihat, disiarkan secara live langsung, secara akuntabel," ucap Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Tunjuk Firli Jadi Ketua KPK, Komisi III: Kami Tak Bisa Senangkan Semua

Dengan terpilihnya Firli sebagai ketua KPK, kata Dedi, nantinya diharapkan sinergitas yang telah terajut antara Polri dan KPK akan terus dan semakin erat.

"Harapan kita tentunya saat ini hubungan antara Polri dan KPK sudah sangat solid dalam hal penegakan hukum terhadap pemberantasan korupsi," tutur Dedi.

Baca juga: Sempat Menjadi Polemik, Firli Bahuri Ditunjuk Menjadi Ketua KPK yang Baru

"Juga hubungan yang sangat baik sekali dari mulai proses penangkapan, penyitaan, penggeledahan kemudian kegiatan yang sifatnya supervisi terhadap kasus-kasus yang ditangani Polri sampai KPK," pungkas Dedi.

Untuk diketahui sebelumnya proses seleksi capim KPK ini diwarnai kritik sejak Presiden RI Joko Widodo menentukan panitia seleksi (pansel) capim KPK pada Juli 2019. Setelahnya pansel capim KPK memproses para kandidat melalui berbagai macam tes dan menghasilkan 10 nama capim.

Bahkan di detik-detik akhir proses uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III di DPR RI juga terjadi polemik dimana KPK sempat mengirimkan surat kepada Komisi III terkait dengan rekam jejak salah satu capim yang dianggap telah melakukan pelanggaran kode etik berat dia adalah capim KPK bernama Firli Bahuri. 

Namun Firli dalam uji kepatutan dan kelayakan menepis semua tudingan bahwa ia telah melanggar etik berat. Dan sekarang ia resmi terpilih sebagai Ketua KPK yang baru.

Berikut hasil voting di Komisi III DPR setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan:

1. Irjen Firli Bahuri: 56
2. Alexander Marwata: 53
3. Nurul Ghufron: 51
4. Nawawi Pomolango: 50
5. Lili Pintauli Siregar: 44
6. Sigit Danang Joyo: 19
7. Lutfi Jayadi Kurniawan: 7
8. I Nyoman Wara: 0
9. Johanes Tanak: 0
10. Robby Arya Brata: 0

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK
Category
Nasional

Berita Terkait: