Forgot Password Register

Headlines

Izinkan Pembelian Rumah DP 0 Rupiah, BI Minta Masyarakat Cerdas Pilih KPR

Izinkan Pembelian Rumah DP 0 Rupiah, BI Minta Masyarakat Cerdas Pilih KPR Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Bank Indonesia melonggarkan syarat uang muka atau DP untuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Dengan demikian, perbankan bisa memberikan syarat uang muka menurut perhitungannya, bahkan kemungkinan uang muka 0 persen.

Terkait hal tersebut, Bank Indonesia meminta masyarakat, khususnya bagi pembeli rumah pertama yang menggunakan peluang tersebut dapat memperhitungkan setiap KPR yang ditawarkan perbankan.

"Maka sebagai konsumen harus pintar membandingkan program yang ditawarkan bank. Mana program yang lebih meringankan," ujar Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Filianingsih Hendarta dalam diskusi bersama media di Gedung Thamrin BI, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Baca juga: Kebijakan DP 0 Rupiah Diproyeksi Sumbang 0,04 Persen ke PDB

Lebih lanjut ia menyebutkan, uang muka yang rendah dapat berimbas pada dana cicilan yang menjadi lebih tinggi. Terutama bagi pembeli rumah pertama yang dinilai memiliki daya cicil yang rendah.

Hal tersebut yang menurutnya, penting untuk menjadi pertimbangan masyarakat first buyer saat memilah KPR yang ditawarkan masing-masing bank. Sehingga KPR yang dipilih nantinya akan sesuatu dengan kesanggupan membayar cicilan.

"Karena kita ciptakan kompetisi yang sehat, kita beri pilihan supaya masyarakat lebih pandai dalam pilih investasi atau pembiayaan," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More