Forgot Password Register

Kasus Suap Proyek Labuhanbatu Segera Disidangkan

Kasus Suap Proyek Labuhanbatu Segera Disidangkan Juru bicara KPK Febri Diansyah (kiri) (Foto: Antara)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan proses penyidikan ke tahap penuntutan terhadap Effendy Sahputra (ES) alias Asiong, tersangka suap proyek-proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara Tahun Anggaran 2018.

"Hari ini, dilakukan penyerahan barang bukti dan tersangka ES dalam kasus dugaan suap terkait proyek-proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara Tahun Anggaran 2018 ke penuntutan atau tahap dua," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Baca juga: KPK Terus 'Kuliti' Kasus Suap Kabupaten Labuanbatu Terkait Penerimaan Lain

Febri menyatakan sidang terhadap Effendy direncanakan dilakukan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan.

Total 35 saksi yang telah diperiksa untuk tersangka Effendy dalam penyidikan kasus tersebut. Unsur saksi antara lain PNS Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Labuhanbatu, mantan Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Labuhanbatu, Kelompok Kerja 2 Pekerjaan Konstruksi Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Labuhanbatu, petani, dan unsur swasta lainnya.

Sebagaimana diketahui, KPK telah menetapkan tiga tersangka kasus suap proyek-proyek di lingkungan Pemkab Labuhanbatu Tahun Anggaran 2018 antara lain Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap (PHH), Effendy Sahputra (ES) berprofesi sebagai wiraswasta, dan Umar Ritonga (UMR) yang merupakan orang dekat Pangonal.

Baca juga: 22 Hari Berlalu, KPK Masih Belum Temukan Buronan Kasus Suap di Labuhanbatu

Untuk tersangka Umar Ritonga sampai saat ini belum ditemukan dan telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

KPK menduga Pangonal menerima Rp576 juta dari Effendy Sahputra terkait proyek-proyek di lingkungan kabupaten Labuhanbatu, Sumut TA 2018 senilai Rp576 juta yang merupakan bagian dari pemenuhan dari permintaan Bupati sekitar Rp3 miliar.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More