Pantau Flash
Kevin/Marcus Tantang Hendra/Ahsan di Final Indonesia Open 2019
Hendra/Ahsan Melangkah ke Final Indonesia Open 2019
Polisi Kembangkan Kasus Sabu Nunung hingga Luar Kota
Kongres Luar Biasa PSSI Digelar di Ancol 27 Juli 2019
Duterte Sebut HAM PBB Bodoh

KPK Ingatkan Caleg Terpilih Segera Laporkan Harta Kekayaannya

Headline
KPK Ingatkan Caleg Terpilih Segera Laporkan Harta Kekayaannya Gedung KPK (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengingatkan para caleg yang terpilih dalam Pemilu 2019 agar mulai melaporkan harta kekayaannya. Imbauan itu disampaikan sejak dini untuk mengantisipasi potensi menumpuknya pelaporan menjelang batas akhir waktu yang ditentukan. 

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan dalam data KPK, ada lebih dari 15 ribu orang penyelenggara negara yang akan melaporkan LHKPN sebagai caleg terpilih. 

"Agar pelaporan berjalan dengan baik, KPK telah membuka pelayanan sejak saat ini dan menyelenggarakan layanan khusus selama rentang waktu 22-29 Mei 2019, termasuk pada hari Sabtu-Minggu," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca juga: KPK Sita Belasan Dokumen Risalah Rapat di DPR yang Dihadiri Bowo Sidik

Pengumuman daftar caleg terpilih memang baru akan diumumkan KPU secara resmi pada 22 Mei 2019, lanjut Febri. Namun, diketahui bahwa tahap rekapitulasi perhitungan suara dan penetapan hasil pemilihan legislatif di beberapa Kabupaten/Kota sudah selesai dilakukan. Sehingga caleg yang sudah memastikan diri menang bisa segera melaporkan harta kekayaan. 

Febri mengatakan, mulai tanggal 22–29 Mei 2019 pelaporan LHKPN caleg terpilih akan dipusatkan di Gedung Edukasi Antikorupsi KPK, Jalan HR Rasuna Said Kav C1, Jakarta Selatan. KPK akan membuka 20 meja layanan penerimaan LHKPN dengan jam operasional pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

Baca juga: Hari Ini KPK Kembali Lakukan Penggeledahan di Bengkalis

KPK tetap membuka layanan pelaporan LHKPN pada akhir pekan yakni tanggal 25 – 26 Mei 2019 pukul 08.00 – 15.30 WIB.

Febri menjelaskan, setelah menyerahkan laporan, caleg akan diberi tanda terima LHKPN secara online untuk laporan yang telah diverifikasi dan dinyatakan lengkap. Laporan dinyatakan lengkap setelah wajib lapor mengisi LHKPN secara online melalui situs www.elhkpn.kpk.go.id dan melengkapi persyaratan lainnya yang ditetapkan, seperti surat kuasa dan lampiran lainnya.

"Tanda terima LHKPN yang berlaku adalah tanda terima yang diterbitkan per tanggal 20 September 2018 sampai dengan 7 hari sejak tanggal penetapan KPU," ucapnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Lilis Varwati
Category
Nasional

Berita Terkait: