Pantau Flash
Gempa 7,4 Guncang Maluku, Berpotensi Tsunami
Jokowi kepada Seluruh Kementerian: Belanjakan DIPA 2020 Secepat-cepatnya
Timnas U-22 Indonesia Terancam Tanpa Pemain Senior di SEA Games 2019
YLKI Desak Anies Baswedan Atur Keberadaan Otopet Listrik
Puan: Brimob Harus Makin Galak dengan Terorisme!

KPK Surati DPR Rekam Jejak Capim Firli, Komisi III: Kenapa Baru Sekarang?

KPK Surati DPR Rekam Jejak Capim Firli, Komisi III: Kenapa Baru Sekarang? Gedung DPR (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengirimkan surat kepada DPR khususnya ke Komisi III terkait dengan rekam jejak dua Calon Pimpinan KPK atas nama Firli Bahuri dan Johanis Tanak. Khusus untuk Firli, KPK dalam suratnya menilai yang bersangkutan melanggar kode etik berat saat menjabat Deputi Penindakan KPK.

"Pimpinan KPK ngirim surat ke DPR ada dua orang satu Firli yang dianggap bermasalah, satu lagi dari jaksa Johanis Tanak. Sudah sampai ke kami. Jadi apa yang diumumkan KPK tentang Firli itu sudah dikirim surat ke Komisi III," kata Wakil Ketua Komisi III Desmond Mahesa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Baca Juga: Resmi Kirim Supres, Jokowi Tugaskan Dua Menterinya Bahas RUU KPK Bareng DPR

Desmond menilai soal rekam jejak para capim KPK bukanlah suatu yang aneh bagi Komisi III. Ia pun mempertanyakan KPK mengapa baru sekarang pihaknya menyampaikan surat kepada DPR saat uji kepatutan dan kelayakan (Fitanda Proper Test) sedang dilaksanakan.

"Tapi agak aneh seorang pimpinan KPK hari ini melakukan 'penyerangan' di detik-detik terakhir, nah ini menurut saya  luar biasa sekali ini bukan lumrah lagi. Kenapa tidak sejak awal di pansel surat atau Perkon kemaren itu dilakukan," ungkapnya.

Sementara ketika disinggung apakah Komisi III tahu soal pelanggaran etik Firli, Desmond menjawab bahwa pelanggaran etik ini baru versi KPK.

"Aneh lah, harusnya ini disampaikan pada saat Firli mendaftar di Pansel. Kalau ini ditanggapi sama pansel ya tidak masuk ke DPR. Ini namanya KPK buang barang busuk ke kami. yang harusnya dikasih tau dari awal buah Firli busuk, kenapa gak dari awal diomongkan busuk misalnya," tandasnya.

Baca Juga: Waketum Gerindra: Ada Dana Ratusan Miliar untuk Lemahkan KPK!

Untuk diketahui hari ini Komisi III melanjutkan rangkaian uji keptutan dan kelyakan capim KPK di DPR. Hari ini ada 5 capim yang akan di uji yang salah satunya adalah Firli Bahuri.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: