Forgot Password Register

Merasa Depresi? Sebelum Berobat Coba Konsumsi Makanan Ini!

Ilustrasi seseorang mengalami depresi. (Foto: Pixabay) Ilustrasi seseorang mengalami depresi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Depresi adalah gangguan mood yang dialami oleh banyak orang. Tingkatan depresi dari ringan hingga parah dapat dipicu oleh genetika, hormon, stres, bahkan diet yang anda lakukan.

Depresi mempengaruhi suasana hati seseorang, kemampuan untuk menjalani kegiatan sehari-hari hingga kemampuan untuk berpikir jernih dapat membuat seseorang melakukan bunuh diri.

Apakah makanan dapat menyembuhkan depresi? Melansir Health and Human Research, para peneliti telah mengembangkan 'skor makanan antidepresan'. Makanan ini dikenal memiliki pengaruh yang baik untuk gangguan depresi.

Baca juga: Punya Teman Banyak di Media Sosial Bisa Timbulkan Depresi hingga Kematian

Makanan dengan vitamin B, B12, dan B6

Vitamin sangat penting untuk mencegah beberapa cacat pada lahir, dapat mengubah makanan menjadi energi, dan membantu fungsi otak. Sayuran hijau terutama yang kaya akan folat. Seseorang dengan folat rendah rentan terkena depresi.

Makanan dengan B-12, yakni ikan, telur, susu, dan daging. Sedangkan, makanan dengan B-6 antara lain biji-bijian, telur, hingga kacang-kacangan.

Makanan dengan vitamin D

Rendahnya makanan dengan tingkat vitamin D dapat menyebabkan seseorang depresi. Para ilmuan percaya bahwa vitamin D membantu konversi asam amino triptofan menjadi serotonin. 

Makanan dengan vitamin D, yakni ikan, hati sapi, keju, hingga kuning telur.

Makanan dengan zink, magnesium, dan selenium

Zink sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan metabolisme sel. Magnesium mengatur fungsi otot dan saraf. Selenium diperlukan untuk fungsi tiroid.

makanan dengan zink, yakni daging merah, kepiting, lobster, kacang-kacangan.

makanan dengan magnesium, yakni alpukat, kacang-kacangan, yogurt, biji-bijian.

makanan dengan selenium, yakni daging merah, nasi merah, kacang-kacangan, hingga telur.

Baca juga: Mulailah Olahraga Jika Kamu Depresi

Share :
Komentar :

Terkait

Read More