Forgot Password Register

PBB Soal Tokoh Ulama Rambah Dunia Politik: Islam dan Politik Tak Bisa Dipisahkan

PBB Soal Tokoh Ulama Rambah Dunia Politik: Islam dan Politik Tak Bisa Dipisahkan Ilustrasi Pemilu 2019. (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Menjelang Pemilu 2019 mendatang, fenomena tokoh ulama yang menyatakan sikap untuk terjun ke dunia politik mencuri perhatian. Salah satunya adalah langkah Eggy Sudjana, penggerak aksi 212 yang bergabung bersama PAN.

Terkait hal tersebut, politisi Partai Bulan Bintang (PBB)  Sukmo Harsono mengatakan bahwa sejatinya antara Islam dan unsur politik itu selalu beriringan terlebih bila dipandang dari sisi sejarah bangsa Indonesia. 

"Iya Islam dan politik tidak bisa dipisahkan.  Sejarah bangsa ini dalam setiap perjuangan nya selalu melibatkan para tokoh islam atau ulama," ujar Sukmo kepada Pantau.com, Sabtu (14/4/2018). 

Baca juga:Pengacara Habib Rizieq Nyaleg, Ini Wejangan MUI

Kondisi pemerintahan saat ini, kata Sukmo, dinilai oleh banyak ulama kurang berjalan optimal sehingga para ulama tersebut berinisiatif untuk memberi kontribusinya melalui jalur politik. 

"Maka sangat wajar jika ulama kembali turun mengingatkan pemerintah.  Bahkan pemerintah sendiri menyadari betapa pentingnya umaro mendengar ulama,  namun ketika itu hanya basa basi maka terjun dalam politik praktis adalah pilihan terbaik saat ini.  Sebagai bentuk koreksi terhadap pemerintah dan DPR RI," ujarnya. 

Sebelumnya, MUI turut mengomentari langkah Eggy Sudjana, seorang tokoh penggerak Aksi 212 sekaligus pengacara Habib Rizieq Shihab. Ia memutuskan utnuk berlabuh bersama PAN.

Eggy dipastikan maju di pemilihan legislatif DPR RI. Rencananya Eggy akan maju melalui daerah pemilihan DKI 2,  wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri. 

Baca juga: Pengacara Habib Rizieq Jadi Caleg PAN, Alasannya Tidak Terduga!

Share :
Komentar :

Terkait

Read More