Forgot Password Register

Pesan Buya Syafii kepada Ma'ruf Amin Jika Terpilih Jadi Wapres

Pesan Buya Syafii kepada Ma'ruf Amin Jika Terpilih Jadi Wapres Maruf Amin dan Buya Syafii (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendapat pesan khusus dari mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii. Ia berpesan agar Ma'ruf Amin harus tetap menjaga kemajemukan ketika telah terpilih sebagai wakil presiden. 

Pesan tersebut disampaikan Buya Syafii di kediamannya saat Ma'ruf Amin melanjutkan safari politiknya di Yogyakarta menyambangi rumahnya di Yogyakarta, Senin (15/10/2018). 

Baca juga: Ma'ruf Amin: Mahfud MD Dukung Jokowi-Ma'ruf

“Walaupun bukan pendukung, katakan misalnya rival politik, tetap kita berlakukan yang sama. Dan juga harus merawat kemajemukan bangsa ini," kata Ma’ruf Amin menirukan ucapan Buya Syafii melalui rilis yang diterima Pantau.com. 

Selain itu, Ma'ruf Amin juga diingatkan ketika telah menjadi wakil presiden berarti berlaku untuk seluruh rakyat Indonesia. 

"Jangan sampai ada kelompok-kelompok yang didiskriminasi, tidak diberikan pelayanan. Itu saya kira sangat penting untuk menjaga dan merawat,” kata Ma’ruf Amin. 

Ma’ruf menambahkan, Buya Syafii mengingatkan agar sebagai tokoh Nahdlatul Ulama (NU) tidak sekadar membawa jargon Islam Nusantara. Lantaran Indonesia memiliki banyak organisasi masyarakat berbasis Islam. 

Baca juga: Ma'ruf Amin: Jangan Politisasi Agama

“Beliau (Buya Syafii) bilang jangan hanya Islam Nusantara, tetapi juga Islam berkemajuan yang menjadi motonya Muhammadiyah. Karena itu saya akan selalu membawa bukan hanya Islam Nusantara, tapi Islam berkemajuan,” ucap Ma'ruf.

Lebih lanjut Buya Syafii menambahkan bahwa agama memang tidak bisa dipisahkan dari politik. Namun semestinya agama menjadi panduan moral dalam berpolitik. 

“Agama jangan dijadikan kendaraan. Politik yang harus menjadi kendaraan moral. Idealnya begitu," katanya.

“Harus damai. Kalau seumpamanya ada yang menghujat sepihak, yang lain lebih-lebih kalem,” tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More