Pantau Flash
BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Wilayah Perairan Indonesia
PBNU Ikut Komentar Soal Kenaikan Cukai Rokok Berdampak ke Petani Tembakau
PKB Pastikan Beri Bantuan Hukum untuk Imam Nahrawi
Indonesia Hancurkan Kepulauan Mariana Utara 15-1
Ditetapkan sebagai Tersangka Korupsi, Imam Nahrawi: Mari Kita Buktikan!

Simpati Dunia Internasional Atas Serangan Bom Bunuh Diri di Jawa Timur

Simpati Dunia Internasional Atas Serangan Bom Bunuh Diri di Jawa Timur Ledakan di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS), Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018). (Foto: Antara/Moch Asim)

Pantau.com - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Bahram Qassemi secara keras mengecam serangan teroris yang menyasar tiga gereja di kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya.

Qassemi menyampaikan perasaan simpati kepada para warga dan pemerintah Indonesia, serta para anggota keluarga yang menjadi korban dari serangan keji tersebut.

"Iran mengutuk segala bentuk serangan brutal yang dilakukan teroris baik secara individual maupun berkelompok di manapun di dunia," tutur Qassemi, Senin (14/5/2018).

Baca juga: Bocah yang Bersama Pelaku Bom Polrestabes Surabaya Bisa Jadi Saksi Kunci

Lebih jauh ia menekankan bahwa satu-satunya cara untuk menghadapi tindakan keji dan tidak berperikemanusiaan seperti ini ialah dengan persatuan kepada seluruh kawasan dan negara-negara internasional.

Serta upaya global untuk memperoleh pemahaman presisi pada otak dan sponsor terorisme serta secara serius memerangi fenomena global yang buruk ini dari segala aspek. Sejumlah negara sahabat juga menyampaikan pernyataan sikap dan belasungkawa atas peristiwa teror di Surabaya.

"Pemerintah Korea Selatan mengecam keras teror bom yang terjadi di gereja-gereja di Kota Surabaya, Indonesia pada pagi 13 Mei waktu setempat," kata Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Chang-beom Kim.

Baca juga: Kapolri: Bom Bunuh Diri yang Melibatkan Wanita Pernah Terjadi Sebelumnya

Pemerintah Korea Selatan menyampaikan bela sungkawa kepada para korban dan keluarga korban yang ditinggalkan dan semoga semua korban luka dapat segera pulih.

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono turut menyampaikan rasa simpati serta bela sungkawa kepada para korban meninggal beserta keluarga mereka, serta simpati yang mendalam kepada seluruh korban luka yang saat ini dalam perawatan di rumah sakit.

"Saya merasa terkejut dan sangat marah, teror serta tindakan tirani semacam ini dengan alasan apapun tidak bisa dimaafkan. Kami mengutuk dengan keras aksi tersebut," tukas Menlu Kono.

Sementara itu, Pemerintah Amerika Serikat melalui Kedutaan besarnya di Jakarta juga mengutuk serangan bom yang terjadi di tiga gereja di Surabaya. "Amerika Serikat mengutuk keras serangan terhadap tiga gereja di Surabaya pagi hari ini," kata pernyataan pada laman resmi Kedutaan Besar AS yang dikutip Antara.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: