Forgot Password Register

Ternyata Ini Alasan Batik Tak Mudah Tembus Tren Fashion Dunia

Ternyata Ini Alasan Batik Tak Mudah Tembus Tren Fashion Dunia Batik (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Sebagai desainer yang telah sejak lama memberdayakan batik tulis ke dalam karyanya, Oscar Lawalata mengungkap bahwa minat internasional terhadap batik memang cukup tinggi, tapi sayang batik tidak dapat disamakan dengan tren fashion lainnya.

Hal ini karena batik tulis haruslah masuk ke dalam pasar yang lebih eksklusif dan khusus.

"Sebenarnya orang mengapresiasi batik ya. Cuma karena kalau dunia internasional itu kita harus masuk ke dalam dunia yang eksklusif," ujar Oscar di Plaza Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Oktober 2018.

Baca juga: Boyband A1 Senang Pakai Batik dan Kagumi Wanita Indonesia

Ke-eksklusifan ini lantaran batik yang digunakan olehnya benar-benar batik buatan atau lukisan tangan yang proses pengerjaannya tidak mudah karena memakan waktu hingga berbulan-bulan, berbeda dengan fashion dunia yang serba cepat dan berganti.

"Karena kita kan pekerjaan tangan. Sedangkan dunia Internasional, dunia fashion-nya itu fast fashion. Kayak Messe, produk permintaannya banyak. Kan batik kan tangan, kalau itu kan pabrik. Jadi kita harus mempelajari dulu mana yang tepat untuk batik," papar Oscar.

Baca juga: Lagi, Warganet Indonesia versus Malaysia Rebutan Batik

Sementara itu, karya baju yang dirancang Oscar memang dikenal dengan harga yang cukup fantastis dibanding batik hasil pabrikan. Oscar tidak khawatir karena dia yakin yang dilakukannya semata-mata menghormati jerih payah para pembatik Indonesia yang bahannya ia gunakan.

"Kita harus menghormati proses, karena proses itulah yang mahal," jelasnya

"Kita (lukisan) tangan semua. Kalau pun ada yang cap, kita ada 10 persen," tukasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More