Forgot Password Register

Tim Panahan Fokus Meditasi Jelang Asian Games 2018

Tim Panahan Fokus Meditasi Jelang Asian Games 2018 Tim Panah Indonesia. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Jelang Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus-2 September 2018 para atlet panahan ditekankan menjaga  kebugaran fisik. Hal itu diungkapkan oleh pelatih Kepala Panahan Indonesia, Denny Trisjanto, yang ingin memfokuskan latihan pada pernapasan dengan meditasi.

Ia mengatakan, meditasi diterapkan kepada anak asuhnya karena berkaitan erat dengan latihan pernafasan. Pelatih Panahan itu pun lebih memilih meditasi menggunakan teknik tradisional yaitu pencak silat dari pada Yoga.

Memasuki pra-kompetisi, fisik para atlet sudah mulai turun, sehingga difokuskan ke pernafasan. Salah satu prakteknya dengan mengambil anak panah di papan target, lalu kembali ke titik memanah sembari menahan nafas, kurang lebih jaraknya sekitar 700 meter.

Baca Juga: Tim Panahan Indonesia Terapkan Standar Baru Jelang Asian Games 2018

"Jadi kita latihan fisik tidak berat, karena beresiko. Kalau dulu memang mempertahankan daya tahan harus lari, tapi takut cedera lutut. Sehingga pola latihan fisik yang saya terapkan adalah pernafasan, seperti pencak silat," ujar Denny Trisjanto, Senin (4/6/2018) di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Metode ini memang belum banyak dilakukan orang. Tapi secara logika fisik dan pernafasan atlet olahraga non aerobik harus tetap kuat. Makanya mereka harus mengambil panah mereka sendiri dengan cara berjalan," tambahnya.

Sekadar informasi, tim panahan Indonesia di Asian Games 2018, akan memainkan sepuluh nomor. Di antaranya yang diperlombakan (5 nomor) compound dan (5 nomor) recurve, diharapkan atlet panahan mampu meraih minimal satu medali emas dari nomor recurve beregu campuran. (Wila Wildayanti).

Share :
Komentar :

Terkait

Read More