Ketimbang Subsidi Mobil Listrik, NasDem Minta Alihkan ke Pupuk

Headline
Fraksi Partai NasDem - pantau.comAnggota Fraksi Partai NasDem, Fauzi Amro mengkritik subsidi kendaraan listrik.

Pantau – Fraksi Partai NasDem mengkritik langkah pemerintah yang akan memberi subsidi mobil listrik secara besar-besaran.

Anggota Fraksi NasDem, Fauzi Amro menyarankan, subsidi lebih baik dialihkan kepada hal lain yang berdampak besar kepada masyarakat kelas bawah, misalnya untuk pupuk.

Fauzi memaparkan, pada 2019 anggaran subsidi pupuk diberikan sebesar Rp34,3 triliun dan turun menjadi Rp31 triliun di 2020.

Baca Juga: Kritik Pemberian Subsidi Kendaraan Listrik, Gobel: Tidak Urgen dan Bukan Prioritas!

Kemudian pada 2021 turun lagi menjadi Rp29,1 triliun, pada 2022 menjadi Rp25,3 triliun, dan pada tahun ini hanya tinggal Rp24 triliun.

“Artinya, selama lima tahun belakang subsidi pupuk berkurang hampir Rp10 triliun,” ujarnya dalam forum rapat paripurna, Selasa (23/5/2023).

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah bisa membatalkan pemberian subsidi mobil listrik dan mengalihkannya ke masyarakat kecil.

“Pemerintah diharapkan fokus membangun pemerataan ekonomi, menanggulangi kemiskinan, serta memperkuat sektor pertanian, perikanan, dan pangan dibanding menggelontorkan subsidi untuk kendaraan listrik ataupun subsidi tambang,” jelasnya.

Baca Juga: Ambisi Luhut RI Ekspor Mobil Listrik ke Negara-negara Setir Kanan

Hal senada juga pernah disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel. Ia menilai, pemberian subsidi kendaraan listrik tidak bersifat urgen.

Menurutnya, saat ini pembelian kendaraan listrik sudah harus mengalami antrean selama berbulan-bulan. Sehingga, pemerintah tidak perlu turun tangan atas hal tersebut.

“Pemerintah justru harus turun tangan dalam mengurangi kemiskinan serta menguatkan pertanian dan perikanan,” ujarnya.

Tim Pantau
Reporter
Aditya Andreas
Penulis
Aditya Andreas