Pelaku pembunuhan Remaja di Temanggung Ditangkap Polisi

Headline
Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi, menunjukkan barang bukti kasus pembunuhan di Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Senin (3/10/2022). ANTARA/Heru Suyitno

Pantau – Polres Temanggung menangkap pelaku pembunuhan seorang perempuan yang dikubur di Desa Campurejo, Tretep, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi, mengatakan, dari beberapa bukti di lokasi kejadian dan barang bukti dari mayat korban, petugas bisa menangkap tersangka R (16) warga Desa Campurejo, Kecamatan Tretep.

“Berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan, tersangka berhasil kami tangkap, 6 jam setelah korban dimakamkan,” ujar Agus di Temanggung, Senin (3/10/2022).

Awalnya dari mayat korban, yakni Supriyanti (16), ditemukan beberapa barang milik korban, seperti cincin, gelang, dan kalung.

“Setelah kami pergi ke rumah korban dan meminta keterangan dari ibu korban, benar bahwa barang-barang tersebut adalah milik anaknya yang hilang sejak 20 September 2022,” katanya.

Dari tangan tersangka, kata Agus, diamankan sejumlah barang bukti, antara lain, pakaian dalam korban, anting-anting, gelang, kalung, dan sebuah telepon seluler.

Tersangka diancam dengan pasal berlapis, yakni Pasal 76C juncto Pasal 80 ayat (3) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun.

Pasal lainnya, yakni Pasal 338 KUHP dengan ancaman hukuman selama lamanya 15 tahun, dan Pasal 332 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 7 tahun.

Berdasarkan Pasal 81 ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Peradilan Pidana Anak, terhadap pelaku anak dapat dijatuhkan paling lama setengah dari maksimum ancaman pidana penjara bagi orang dewasa.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Firdha Rizki Amalia