Pantau Flash
Gedung Putih Pastikan Pilpres AS Tetap Digelar 3 November 2020
Ombudsman Soal Ganjil Genap: Waspadai Klaster Transportasi Publik
BPS: Inflasi Tahunan yang Terendah Sejak Mei 2000
Gibran Kantongi Dukungan Penuh Prabowo Subianto di Pilkada Solo
Update COVID-19 RI per 3 Agustus: 1.679 Kasus Baru, Total Positif 113.134

Puncak Arus Balik Jalur Selatan Terjadi hingga Tengah Malam

Headline
Puncak Arus Balik Jalur Selatan Terjadi hingga Tengah Malam Situasi arus balik di Tol Purbaleunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (2/8/2020). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Pantau.com - Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Erik Bangun Prakasa, mengatakan puncak arus balik Idul Adha 2020 di jalur selatan ke arah Bandung terjadi hingga tengah malam, Minggu (2/8/2020).

Menurutnya kepadatan arus di jalur selatan menuju arah Bandung sudah mulai terjadi dari pukul 11.00 WIB. Khususnya kendaraan yang dari arah Tasikmalaya dan Garut.

Baca juga: Urai Kepadatan Arus Balik Idul Adha, Polda Metro Lakukan 'Contraflow'


"Puncaknya sore hari sampai malam, perkiraan sampai tengah malam," kata Erik di Bandung, Minggu (2/8/2020).

Dia mengatakan kepadatan arus terjadi di beberapa titik, yakni di kawasan Nagreg, Rancaekek kawasan PT Kahatex, dan jalur menjelang Gerbang Tol Cileunyi.

Namun ia memastikan, kepadatan tersebut tidak terlalu berarti karena arus lalu lintas masih tetap bergerak dan hanya menyebabkan perlambatan laju kendaraan.

"Tapi untuk jalur sendiri yang mengarah ke Gerbang Tol Cileunyi semuanya lancar, tapi karena frekuensinya yang tinggi, terjadi perlambatan," kata Erik.

Setelah puncak arus balik nampak, ia mengimbau masyarakat agar menghindari waktu-waktu puncak arus balik tersebut. Karena apabila masyarakat keluar secara bersamaan, maka kepadatan akan meningkat dan menyebabkan kemacetan.

Baca juga: Kakorlantas Siapkan 116 Pos Penyekatan Cegah Arus Balik Pemudik ke Jakarta


Maka dari itu, ia mengimbau masyarakat untuk memilih waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan arus balik untuk menghindari antrean.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan, kemudian patuhi arahan petugas di lapangan, apabila membutuhkan bantuan, silakan mendekati pos pengaman yang kita dirikan," kata dia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Tatang Adhiwidharta

Berita Terkait: