Pantau Flash
KSAD Andika Perkasa: Klaster COVID-19 Secupa AD dari Ketidaksengajaan
Ada 1.671 Kasus Baru di RI, Total Infeski COVID-19 Capai 74.018
Polda Metro Sebut Editor Metro TV Yodi Prabowo Tewas Dibunuh
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba ke MK
Euforia Turki Resmikan Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid

Juara Tour de France Enggan Latihan Akibat COVID-19

Juara Tour de France Enggan Latihan Akibat COVID-19 Pebalap sepeda Kolombia, Egan Bernal. (AFP)

Pantau.com - Juara Tour de France (TdF) tahun lalu dari Team Ineos Egan Bernal menyatakan dirinya sedang berhenti berlatih karena ketidak pastian seputar balapan prestisius itu sebagai imbas pandemi virus korona atau COVID-19.

"Saya berhenti berlatih, baik secara fisik dan mental. Saya telah melakukan persiapan bagus untuk (balapan) Paris menuju Nice, kemudian saya kembali berlatih di Kolombia," kata Bernal melalui Instagram Live.

Baca juga: Mantan Presiden Marseille Meninggal Akibat Virus Korona

"Namun setelah itu, saya bersama pelatih memutuskan bahwa saat ini yang terbaik adalah beristirahat," jelas dia. 

Selain itu pebalap Kolombia tersebut berpendapat bahwa solusi terbaik adalah menunda balapan tersebut. Ia yakin akan ada pebalap yang absen lantaran minimnya persiapan jika TdF tetap digelar sesuai jadwal. 

"Hal ini (pandemi COVID-19) memengaruhi kami semua, bahkan misalnya TdF berlangsung pada Juli, karena satu atau dua peserta mungkin tidak dapat ikut karena persiapannya terganggu," tutur pebalap 23 tahun itu.

Nasib TdF tahun ini belum jelas, karena Perancis sekarang telah memasuki pekan ketiga karantina wilayah akibat pandemi COVID-19, yang telah menewaskan lebih dari 3.000 orang di negara itu.

Baca juga: Sempat Berstatus PDP, Hendry Saputra Negatif COVID-19

Ketua panitia TdF Christian Prudhomme belum pernah memberi pernyataan tegas mengenai balapan itu tahun ini. Sedangkan Menteri Olahraga Prancis Roxana Maracineanu hanya memberi pernyataan normatif yakni TdF tahun ini akan berlangsung tanpa penonton.

TdF tahun ini, yang semestinya menjadi edisi ke-107, direncanakan start di Nice dan finish di Champs-Elysees, Paris pada 27 Juni hingga 19 Juli. 

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: