Pantau Flash
Sean Connery, Pemeran James Bond Meninggal di Usia 90
Milenial Jangan Dimanja Tuai Pro dan Kontra, Megawati Santai
Jakarta sebagai Kota Terbaik Dunia dalam STA 2021, Anies: Alhamdulillah
Presiden Jokowi Kecam Pernyataan Emmanuel Macron yang Hina Islam
1 Tahun Pengabdian, Mendes PDTT Peroleh Penghargaan IPB

PB ISSI Gelar Gowes 2020 KM Jakarta-Papua

PB ISSI Gelar Gowes 2020 KM Jakarta-Papua Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat menjalani etape pertama gowes 2020 KM dari Jakarta ke Purwakarta, Minggu (20/9/2020). (ANTARA/HO/NOC Indonesia)

Pantau.com - Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) tengah mengadakan gowes Jakarta-Papua sejauh 2020 kilometer (KM) sebagai salah satu bentuk dukungan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021.

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat dikonfirmasi dari Jakarta, mengatakan bahwa gowes yang menempuh jarak tersebut juga digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk mengkampanyekan PON ke daerah-daerah.

“Ini merupakan salah satu pendekatan kami untuk ikut mengkampanyekan PON ke daerah-daerah. Ketua KONI sendiri sudah memberikan dukungannya. Daripada debat di media terkait pelaksanaan balap sepeda di PON nanti, kami tunjukkan dukungan saja lewat program ini," katanya.

Baca juga: Madura United Tak Dapat Izin Gelar Laga, Persib Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah

Gowes Jakarta-Papua itu sudah dimulai yang etape pertamanya menempuh jarak 120 km dari Jakarta ke Purwakarta, Senin (21/9/2020). Kegiatan bersepeda itu diharapkan bisa finis di Papua sebelum PON digelar pada Oktober 2021.

“Pokoknya dicicil nanti hingga akumulasi jaraknya bisa mencapai 2020 km begitu sampai Papua. Etape selanjutnya bisa saja Jakarta-Yogyakarta. Tapi enggak harus mulai dari Jakarta juga. Etape berikutnya, mungkin saya akan menyusul timnas yang akan kembali ke Yogyakarta, target jaraknya 200 km," ujar Oktohari yang juga menjabat Ketum Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Baca juga: LIB Gelar Manager Meeting Klub Liga 1 Tatap Muka Langsung di Bandung

Okto, sapaan karibnya, menambahkan bahwa pihaknya juga akan mengajak para stakeholder olahraga Indonesia, mulai dari atlet nasional hingga komunitas sepeda untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Bahkan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, kata dia, sudah menyanggupi untuk ikut serta.

"Hampir semua daerah kabupaten/kota se-Indonesia saat ini berolahraga sepeda. Niatnya kalau bisa keliling hingga nanti akhirnya finis di Papua,"

“Kami tetap menggunakan protokol kesehatan ketat. Kalau segalanya lancar, perhitungannya Desember 2020 selesai 2020 km," pungkasnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: