Pantau Flash
Pelaku Pelecehan Seksual saat Rapid Test di Bandara Soetta Jadi Tersangka
Ilham Saputra Ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Ketua KPU
BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem hingga 28 September
Positif COVID-19 Betambah 4.071, Total Menjadi 252.923 Kasus
Pendapatan Negara Turun 13,1 Persen, hingga Agustus Capai Rp1.034,1 T

10 Fakta Menarik Tentang Menstruasi, Nomor 9 Bikin Kaget!

10 Fakta Menarik Tentang Menstruasi, Nomor 9 Bikin Kaget! Ilustrasi. (Shutterstock)

Pantau.com - Periode menstruasi adalah waktu di mana Anda mungkin tidak merasa ingin melakukan apa pun. Beberapa wanita hampir takut karena kram yang mungkin terjadi dan ketidakseimbangan hormon yang biasanya mencapai puncaknya, membuat Anda sangat rentan dan murung. 

Namun, jauh di lubuk hati, setiap wanita bersyukur atas menstruasi karena beberapa alasan, baik itu untuk menghindari kehamilan atau untuk memastikan tubuh yang sehat. Dilansir Boldsky, berikut adalah fakta menarik tentang menstruasi yang mungkin tidak Anda ketahui.

Baca juga: Studi: Saat Menstruasi Wanita Cenderung Menjadi Sedikit Lebih Bodoh 


Ilustrasi (Shutterstock)

1. Jika Anda Meminum Pil KB, Ini Mungkin Periode Palsu

Jika Anda berada dalam program pil KB atau cincin atau UID, maka tubuh Anda tidak mengeluarkan progesteron sebanyak yang diperlukan, menghasilkan garis yang lebih tipis dan lebih sedikit pendarahan. Dalam sebagian besar kasus, Anda bahkan tidak dalam fase ovulasi setiap bulan sebagai akibat dari tindakan pengendalian kelahiran.

2. Warna Darah Gelap Atau Coklat Tidak Berarti Anda Sekarat

Banyak dari kita berpikir bahwa kita memiliki penyakit serius yang mendasarinya karena warna darah yang tidak normal. Orang-orang cenderung terpaku pada warna darah mereka dan sedikit perubahan dapat menyebabkan mereka mengembangkan berbagai asumsi negatif. Itu hanya menunjukkan sedikit ketidakmurnian dalam tubuh Anda.

3. Tidak Menstruasi Bukan Berarti Tanda Kehamilan

Meskipun penyebab paling umum dari menstruasi yang hilang adalah kehamilan, itu mungkin tidak selalu terjadi. Kurangnya diet dan nutrisi yang tepat dalam tubuh juga dapat memicu siklus yang dilewati. Jika Anda melibatkan tubuh Anda dalam aktivitas fisik yang keras, itu juga dapat menyebabkan siklus yang dilewati. Stres juga dapat menjadi faktor menstruasi yang tak terjadi.

4. PMS Bukan Lelucon, Serius

PMS bukanlah lelucon bagi seorang wanita. Anda akan mengalami perubahan suasana hati, jerawat, diare, atau kecemasan bulanan, salahkan semuanya pada PMS Anda. Ketidakseimbangan hormon menyebabkan semua gejala ini dan membuat Anda lebih murung dan rentan.

5. Anda Tidak Mengalami Ovulasi

Mendapatkan periode bulanan Anda bukanlah tanda ovulasi atau kesuburan. Misalnya, Anda masih dapat mengalami menstruasi bahkan jika Anda tidak melepaskan sel telur bulan itu, yang merupakan kasus bagi siapa saja yang menggunakan kontrasepsi hormonal, tetapi juga dapat menjadi kasus untuk orang lain dengan siklus tidak teratur.

Baca juga: Benarkah Minuman Manis Jadi Penyebab Menstruasi Lebih Awal? 


Ilustrasi (Shutterstock)

6. Sedikit Bau Selama Periode Normal

Sangat normal memiliki sedikit bau vagina selama menstruasi, karena keseimbangan pH vagina Anda benar-benar buruk. Pastikan Anda tidak menggunakan deodoran atau parfum untuk menghilangkan baunya, karena dapat menyebabkan iritasi. Juga, jadikan titik untuk menjaga kebersihan selama periode.

7. Bercak Bukan Masalah Besar

Bercak tidak selalu merupakan tanda kehamilan dan biasanya bukan masalah besar. Ini juga dapat terjadi karena alasan hormonal atau ketika Anda terbiasa dengan tindakan pengendalian kelahiran.

8. Anda Bisa Menstruasi saat Sedang Hamil

Meskipun itu adalah periode palsu yang telah dibahas dalam poin-poin di atas, sekitar sepertiga wanita telah melaporkan pendarahan selama beberapa bulan pertama kehamilan mereka. Ini bukan masalah besar dan seharusnya tidak menjadi masalah.

9. Anda Bisa Mendapatkan Periode Dari Hidung!

Ya, Anda membacanya dengan benar! Ini disebut "menstruasi pengganti" dan melibatkan pendarahan dari tempat lain, selain dari rahim Anda. Wanita dilaporkan berdarah dari mata dan hidung mereka. Ini terjadi karena pelunakan kapiler darah saat menstruasi. Ini sangat, sangat jarang terjadi.

10. Menstruasi Bisa Lebih Menyakitkan di Cuaca Dingin

Cuaca dingin tidak hanya membuat haid Anda lebih menyakitkan, tetapi juga membuatnya lebih lama. Anda cenderung mengalami pendarahan hebat. Dalam cuaca tropis, gejala-gejala ini dapat dinegasikan.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: