Pantau Flash
Yasonna Bantah Sengaja Ingin Bebaskan Napi Koruptor
Jasa Marga Pastikan Wakil Jaksa Agung Terlibat Kecelakaan Tunggal
KKP Lumpuhkan Dua Kapal Berbendera Vietnam yang Curi Ikan di Laut Natuna
Ribuan Pekerja di DKI Jakarta Terkena PHK Akibat Pandemi Virus Korona
Kecelakaan di Tol Jagorawi, Wakil Jaksa Agung Dr Arminsyah Meninggal Dunia

8 Nutrisi Penting yang Diperlukan Tubuh Setiap Hari

8 Nutrisi Penting yang Diperlukan Tubuh Setiap Hari Nutrisi Baik Bagi Tubuh. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral. Nutrisi makro adalah karbohidrat, protein dan lemak. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi makro dalam jumlah besar dan nutrisi mikro dalam jumlah lebih kecil. 

Semua masalah kesehatan dimulai dengan makanan. Makanan dapat membuat atau merusak kesehatan Anda dan itulah sebabnya kita harus tahu tentang nutrisi penting yang menjaga kesehatan. 

Berikut adalah delapan nutrisi utama yang harus dimasukkan dalam diet harian Anda.

1. Vitamin D 

Anda membutuhkan vitamin D untuk tulang yang kuat. Vitamin ini membantu tubuh Anda menyerap kalsium. Ketika tubuh Anda kekurangan kadar vitamin D yang cukup, tulang Anda cenderung menjadi lemah. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, susu, telur, salmon dan tuna. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Lancarkan Pencernaan di Tubuh

2. Besi 

Tahukah Anda mengapa zat besi adalah salah satu nutrisi utama? Tanpa zat besi, tubuh Anda akan kesulitan mengirimkan oksigen ke berbagai jaringan. Anda bisa mendapatkan zat besi dari bayam, lentil, oatmeal, ikan, unggas, dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C 

Tahukah Anda mengapa Anda membutuhkan vitamin C? Ini dapat meningkatkan kekebalan Anda, membantu Anda pulih segera dan juga membuat Anda awet muda dengan memperlambat proses penuaan. Buah jeruk dan sayuran hijau adalah sumber yang baik. 

4. Protein

Anda membutuhkan protein untuk pertumbuhan sel, otot, dan jaringan. Anda harus mendapatkan setidaknya 25-25% kalori dari protein. Legum, telur, daging, kacang-kacangan, ikan, dan susu menyediakan protein.

5. Lemak 

Bahkan lemak adalah nutrisi makro yang penting. Sebagian besar dari kita mencoba untuk menghindari lemak tetapi ada baiknya untuk mendapatkan 20% kalori keseluruhan dari lemak sehat. 

6. Karbohidrat 

Sebagian besar dari kita memperoleh kalori terutama dari karbohidrat. Mereka penting di antara nutrisi makro. Kami mendapatkan karbohidrat dalam tiga bentuk: gula, serat dan pati. Serat makanan baik karena dapat membantu Anda merasa kenyang dan mencegah sembelit dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Infografis 5 Makanan yang Sangat Cocok untuk Membentuk Otot

7. Vitamin B 

Anda membutuhkan vitamin B untuk memecah makanan yang dimakan dan mendapatkan energi dari itu. Tiamin, asam folat, Niacin, riboflavin, biotin, vitamin B12, B6 dan B5 sangat penting. Bahkan sistem saraf Anda membutuhkan bantuan vitamin ini untuk mengirimkan sinyal. Telur, susu, hati, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan unggas mengandung vitamin ini. 

8. Air

air Tahukah Anda bahwa 60% tubuh Anda hanyalah air? Tubuh Anda membutuhkan air untuk transportasi nutrisi, menghilangkan racun dan mempertahankan tingkat kelembaban di area tertentu dari tubuh Anda seperti hidung, telinga, tenggorokan dll. Jadi, minum air yang cukup.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: