Pantau Flash
Cabor Menembak Sempat Terkendala Pajak Impor Peluru
Menko PMK Perkirakan 10 Juta Orang Butuh Kartu Pra Kerja
Safawi Rasid Dicoret dari Timnas U-22 Malaysia
LRT Beroperasi Komersil Mulai 1 Desember dengan Tarif Rp5000
Iwan Bule Lepas Timnas U-22 Indonesia ke SEA Games 2019

3 Kemenangan Epic Valentino Rossi di San Marino

3 Kemenangan Epic Valentino Rossi di San Marino Valentino Rossi. (Foto: Motorsport)

Pantau.com - Pembalap gaek Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi musim ini belum pernah meraih podium pertama. Catatan terbaiknya didapatkan ketika mengaspal di Argentina dan Amerika, di mana ia keluar sebagai runner-up.

The Doctor-julukan Rossi- dihadapkan pada kampung halamannya San Marino, Italia pada Minggu 15 September 2019. Terlebih, dirinya miliki catatan mentereng sebelum didominasi oleh rider Repsol Honda, Marc Marquez.

Sekadar catatan, San Marino kembali menyelenggarakan ajang MotoGP pada musim 2007, setelah terakhir kali menggelar balap motor kelas dunia di tahun 1994. Rossi memang punya catatan apik di sirkuit Misano, yang kini bernama Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Jelang MotoGP San Marino

Di sirkuit sepanjang 4,2 kilometer itu, ia sudah tiga kali menang yaitu pada musim 2008, 2009 dan terakhir 2014. Setelahnya, Marquez yang mendominasi sekaligus mengukuhkan diri sebagai pembalap yang paling sering menang di MotoGP San Marino.

Romansa itu pun, nampaknya coba dibangunkan lagi jelang MotoGP San Marino akhir pekan nanti. Lewat akun Instagram resminya, @motogp mengunggah video kompilasi kemenangan Rossi di sirkuit Misano.

Berikut ini adalah kemenangan epic Valentino Rossi ketika mentas di Sirkuit San Marino:

1. San Marino 2008

Butuh waktu satu tahun setelah sirkuit Misano kembali ke kalender MotoGP. Rossi langsung meraih podium pertama di Misano.

Belum ada nama Marc Marquez di daftar pesaing gelar juara, saat itu kompetitor terpanasnya adalah Casey Stoner dan rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Rival Rossi kala itu, Casey Stoner malah harus terjatuh di lap ke-7 yang membuat Rossi hanya bersaing dengan Jorge Lorenzo. Hal tersebut pun berhasil dimanfaatkannya dengan meraih podium pertama bersama Fiat Yamaha Team dengan catatan waktu 44 menit 41.884 detik.

Baca juga: Saat Valentino Rossi Wujudkan Mimpi Masa Kecil di Kampung Halamannya

2. San Marino 2009

Tak jauh berbeda dengan musim sebelumnya, pada musim 2009, Valentino Rossi bisa dibilang, memenangkan balapan dengan mudah.

Peraih 9 titel juara grand prix itu merampungkan 28 putaran dengan catatan waktu 44 menit 32.882 detik, disusul rekan setimnya, Jorge Lorenzo yang lebih lambat 2.416 detik.

3. San Marino 2014

Usai kemenangan di MotoGP San Marino 2009, performa pembalap yang kini berusia 40 tahun itu menurun. Musim 2010, Rossi hanya mampu finis di podium ke-3 di belakang Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Sementara musim 2011, bersama tim Ducati, performa Rossi semakin buruk. Pasalnya, ia hanya bertengger di urutan ke-7. Lalu musim 2013, Valentino Rossi yang kembali ke Yamaha, sudah harus menerima kenyataan dirinya diasapi pembalap muda, Marc Marquez yang meraih podium ke-2, sementara ia hanya finis di posisi 4.

Baru pada MotoGP San Marino 2014, Rossi bisa kembali menunjukkan kedigdayaannya dengan meraih podium pertama, sementara Marc Marquez yang terjatuh harus rela finis di urutan paling paling akhir.

Tim Pantau
Sumber Berita
MotoGP.com
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - RZS
Category
Olahraga

Berita Terkait: