Pantau Flash
Indra Sjafri Siapkan Skema Adu Penalti Lawan Myanmar
Tok! Kemenhub Jatuhkan Denda ke Garuda Indonesia
Pemprov Bangka Belitung Rugi Rp3,8 M Akibat Karhutla
Irjen Polisi Listyo Sigit Prabowo Jabat Kabareskrim Polri
Mahfud MD Soal Kebakaran Hutan: Indonesia Terhitung Paling Aman

5 Pesepakbola Dunia yang Punya Museum dengan Deratan Sejarah

5 Pesepakbola Dunia yang Punya Museum dengan Deratan Sejarah

Pantau.com - Menjadi bintang sepak bola dunia tentu memiliki keinginan untuk bisa merekam semua kenangan dan seluruh prestasi di dalam sebuah tempat, bernama museum. 

Museum tentu akan memajang semua sejarah hidup pemain tersebut, bagaimana ia mulai belajar mengasah skill megngolah si kulit bundar, hingga sederet berprestasi. Tak hanya itu, ada pula jersey dari klub-klub yang pernah dibela, serta foto-foto di atas lapangan 

Seperti halnya dua nama besar, seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang juga mempunya museum. Namun masing-masing dari mereka berbeda, ada yang didirikan oleh suatu lembaga serta ada pula yang dibangun pemain itu sendiri. 

Berikut deretan museum pemain terbaik dunia dari yang lama hingga yang terbaru:

1. Mohamed Salah

Sepatu Mohamed Salah (Foto: The Guardian)

Bintang Liverpool ini memang tengah menjadi pusat perhatian. Atas prestasi yang ia dapat, pemerintah Mesir pun membangun museum sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada seorang Mo Salah. 

Ia sangat berjasa saat meloloskan Mesir ke Piala Dunia 2018 untuk pertama kali sejak tahun 1990. Rencananya museum tersebut akan diberi nama Mohamed Salah dan akan didirikan di Gezira Youth Centre, Kairo.

Baca Juga: 5 Rekor Ini Belum Terpecahkan oleh Ronaldo dan Messi di Liga Champions

2. Lionel Messi

Lionel Messi Museum (Foto: Barcelona FC)

Museum Lionel Messi ini dibuat oleh produsen sepatu terkemuka asal Jerman, Adidas. Museum mini di Barcelona ini berisikan semua barang yang berkaitan dengan Messi mulai dari jersey hingga sepatu. 

Selain itu lima trofi Ballon d'Or dan dua sepatu emas yang dimenangkan pemain Argentina ini juga turut dipajang. Setidaknya ada enam etalase khusus untuk memajang raihan penghargaan-penghargaan yang sudah diraih pemain berjuluk La Pulga ini. Selain trofi, museum ini juga menampilkan setiap gol yang pernah dicetak Messi lewat layar televisi.

3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (Foto: Istimewa)

Rival abadi Messi di La Liga, Cristiano Ronaldo juga punya museum sendiri. Museum yang didirikan pada tahun 2013 ini terletak di Madeira, Portugal. Madeira merupakan tempat spesial untuk pemain yang kini berseragam Juventus ini.

Tempat yang dituju oleh Ronaldo sendiri memiliki sejarah bagi dirinya. Di mana ia belajar pertama kali mengolah si kulit bundar.

Museum ini menghadirkan sejarah Ronaldo sebagai pesepak bola profesional. Trofi yang dipajang di antaranya ada empat bola emas yang dimenangkan Ronaldo di ajang Ballon d'Or. Ada pula 160 penghargaan individu yang pernah pemain Portugal ini raih. Tak ketinggalan patung lilin yang dibuat mirip sosoknya saat pakai jersey Timnas Portugal juga ditampilkan.

Baca Juga: 5 Pesepakbola Ini Pernah Menangis di Atas Lapangan, Ada 2 Pemain Liverpool

4. Diego Maradona

Diego Maradona Museum (Foto: Istimewa)

Bekas rumah Diego Maradona yang terletak di Buenos Aires, Argentina diubah menjadi museum oleh Kepala Komite Sejarah La Paternal, Alberto Perez. Rumah tersebut pernah ditinggali legenda Argentina ini antara tahun 1970 dan 1980.

Lebih dari 2.000 barang pribadi milik pemain yang terkenal dengan gol tangan Tuhannya ini dipamerkan. Mulai dari sepatu bola tuanya hingga beberapa foto lawas. Salah satu koleksi yang mencuri perhatian adalah patung lilin yang dibuat sangat mirip dengan Maradona.

5. Pele

Pele Museum (Foto: Istimewa)

Legenda lain yang juga memiliki museum adalah Pele. Bertepatan saat tuan rumah Piala Dunia 2014, pemerintah Brasil kemudian memberikan museum kepada Pele. Museum ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas jasa Pele mengangkat prestasi sepak bola tim Samba selama ini.

Museum Pele didirikan di kota pelabuhan Santos. Isi museum ini terdiri dari trofi, kaus, sepatu dan foto-foto masa kejayaan Pele saat masih menjadi pemain. Terpajang juga foto Pele saat bersanding dengan pemimpin dunia dan selebritis.

Baca Juga: 5 Rekor Ini Belum Terpecahkan oleh Ronaldo dan Messi di Liga Champions

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - WIL
Category
Olahraga

Berita Terkait: