Pantau Flash
Jokowi kepada Seluruh Kementerian: Belanjakan DIPA 2020 Secepat-cepatnya
Timnas U-22 Indonesia Terancam Tanpa Pemain Senior di SEA Games 2019
YLKI Desak Anies Baswedan Atur Keberadaan Otopet Listrik
Puan: Brimob Harus Makin Galak dengan Terorisme!
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor

5 Tips Belanja Online Agar Kamu Tak Kena Tipu Barang Jelek

5 Tips Belanja Online Agar Kamu Tak Kena Tipu Barang Jelek Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Saat ini, banyak orang yang lebih memilih belanja secara online. Selain mudah dan tidak usah repot untuk datang ke tokonya, produk-produk kebutuhya juga tersedia secara lengkap di online shop. 

Namun, efek belanja online yang mudah ini menimbulkan seseorang tumbuh menjadi pribadi yang konsumtif. Berbelanja online memang tidak dilarang, namun harus bisa mengendalikan keinginan belanja tersebut agar tidak menyesal nantinya.

Apa Saja Tips Belanja Online Agar Tak Tertipu Barang Jelek?

Tidak jarang juga orang yang justru tertipu saat berbelanja online. Berikut lima tips pintar belanja online.

Baca juga: Tarif Baru Ditangguhkan, China Pikir-pikir Beli Produk Pertanian AS

1. Me-review

review produk

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Sebelum belanja online, sebaiknya kamu me-review online shop yang akan dijadikan untuk belanja. Melihat dari feedback pembeli sebelumnya juga diperlukan untuk melihat bagaimana service toko tersebut yang diberikan ke pelanggan. Review juga untuk memastikan apakah toko yang anda pilih terpecaya atau tidak.

2. Bandingkan produk

bandingkan produk

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang secara online di salah satu online shop favorit, cobalah untuk membandingkan produknya terlebih dulu. Walaupun dijual secara online, kita masih bisa membandingkan beberapa faktor, seperti apakah ada gratis ongkos kirim, apakah kualitasnya bagus, serta apa sedang mendapatkan diskon. Kamu bisa mendapat semua informasi tersebut di situs itu, atau bisa bertanya kepada penjualnya langsung. Pastikan barang yang akhirnya dibeli adalah barang yang memang sedang diinginkan.

Baca juga: Krisis Daging Babi Mulai Membuat China Keluarkan Stok Daging Babi Beku

3. Kenali produk

kenali produk

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Saat memutuskan untuk berbelanja online, pastikan kamu mengecek mengenai keaslian suatu barang yang dibeli secara online  tersebut, karena barangnya tidak berwujud secara langsung, maka biasanya kita bisa cek ke outlet tertentu yang menjual merk tersebut.

4. Anggaran

anggaran

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Salah satu faktor penting yang juga perlu diketahui saat berbelanja online adalah anggaran yang harus disiapkan. Orang yang bijak dalam mengelola keuanganya akan senantiasa membuat anggaran untuk kegiatan belanjanya, sekalipun itu adalah belanja online. Coba cek anggaran belanja untuk bulan ini, apakah mengalami peningkatan atau masih sama saja dengan sebelumnya.

Baca juga: Kredit Macet UMKM di Bank Mandiri Tercatat Menurun

5. Cek kembali pesanan

cek kembali pesanan

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Sebelum melakukan konfirmasi pembayaran, sebaiknya anda melalukan pengecekan kembali terhadap barang yang ingin kamu beli. Lakukan pengecekan terhadap ukuran, harga, kualitas barang, dan kuantitas barang. Jangan sampai saat barang sudah kamu dapatkan, ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hobi berbelanja online saat ini memang menjamur di berbagai kalangan. Keamanan saat berbelanja juga sangat diperlukan untuk meminimalisir tingkat penipuan yang masih banyak dilakukan. Belanja online dengan pintar dan bijak bisa menjadi pilihan kamu agar tidak tertipu dalam belanja.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: