Forgot Password Register

Berusia 9 Abad, Harta Karun Kepingan Emas Ditemukan di Israel

Berusia 9 Abad, Harta Karun Kepingan Emas Ditemukan di Israel Koin emas langka dan anting-anting emas yang berusia 900 tahun ditemukan di pelabuhan yang Caesarea. (Foto: Twitter/ArikGerber)

Pantau.com - Koleksi koin emas dan anting tunggal emas diyakini telah disembunyikan sekitar 900 tahun lalu telah ditemukan oleh arkeolog di dermaga Israel, Kota Caesarea.

Sebuah tempat penyimpanan yang berupa panci perunggu berisi koin emas dan anting-anting, yang bersarang di anatara dua batu di samping sebuah sumur yang merupakan bagian dari sebuah rumah di periode Abbasiyyah dan Fatimiyyah di tahun 909-1171 Masehi.

Koin dan anting-anting kemungkinan disembunyikan sebelum tentara salib, yang menjadi bagian dari seri perang agama yang disetujui oleh gereja Latin dalam periode Pertengahan, menaklukan Caesarea di tahun 1101, menurut Israel Antiquities Authority, seperti dilansir Sputnik, Selasa (4/12/2018).

Arkeolog berspekulasi bahwa pemilik koin dan anting-anting mungkin telah mati ketika sebagian besar penduduk kota itu dibantai oleh tentara salib Baldwin I antara 110 dan 1118 CE.

Baca juga: Arkeolog Temukan Delapan Mumi dari Dinasti ke 12 Mesir Kuno

Baldwin I juga dikenal sebagai Baldwin dari Boulgene, yang memimpin tentara salib kedua dan merupakan raja pertama Yerusalem dari 1100 hingga kematiannya tahun 1118.

"Penemuan tersebut merupakan saksi bisu dalam sebuah peristiwa paling dramatis dalam sejarah Caesarea," kata arkeolog dari Israel Antiquities Authoritu kepada BBC.

"Itu masuk akal untuk mengasumsikan bahwa pemilik koin dan anting ini telah mati dalam pembantaian atau terjual dalam pembudakan, karena itu tidak mampu mengambil emas mereka," kata Direktur penggalian Peter gendelman dan Mohammed Hatar.

Baca juga: Arkeolog Israel Temukan Topeng Era Neolitik Berusia 9.000 Tahun

Menurut Dr. Robert Kool yang merupakan seorang pakar koin di otoritas kepurbakalaan, penemuan tersebut merupakan kombinasi koin unik yang belum pernah terlihat di Israel. 18 koin emas diidentifikasi sebagai Dinar, mata uang resmi Khilafah Fatimiyyah yang memerintah wilayah yang luas di Laut Mediterania dari 909 hingga 1171 AD.

"Sekolompok kecil dan sangat jarang terjadi pada enam koin emas Kekaisaran Bizantium. Lima dari koin cekung milik pemerintahan Vyzantine Kaisar Michael VII Ducas periode 1071-1079 CE," ucap Kool.

Multi-tahun proyek Caesarea ini disponsori oleh Yayasan Edmond de Rothschild yang bertujuan untuk mempromosikan pemberdayaan sosial dan masyarakat yang kolaboratif, serta bekerja sama dengan Israel Caesarea Development Corp., Antiquities Authority dan Israel Nature and Parks Authority yang juga bertujuan untuk melerstarikan reruntuhan kuno Caesarea.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More