Forgot Password Register

China Desak Kanada Bebaskan Petinggi Huawei

China Desak Kanada Bebaskan Petinggi Huawei Kepala Keuangan Huawei Meng Wanzhou. (Foto: Reuters/Alexander Bibik)

Pantau.com - Pemerintah China menuntut Kanada untuk membebaskan seorang eksekutif perusahaan teknologi Huawei yang diyakini ditangkap karena diduga melanggar sanksi yang dikenakan Amerika Serikat terhadap Iran.

China mengatakan bahwa Wanzhou tidak melanggar hukum di AS atau Kanada dan menuntut Kanada segera memperbaiki kesalahan dengan membebaskannya, menurut pemerintah China dalam sebuah pernyataan.

Seperti dilansir Anadolu, Jumat (7/12/2018), pemerintah China juga menyebutkan bahwa Kanada telah melanggar hak asasi manusia Meng dengan tidak menjelaskan mengapa ia ditangkap. Penangkapan itu juga telah mengancam gencatan senjata dalam perang dagang antara China dan AS.

Baca juga: Terseret Pelanggaran Sanksi Iran, Kepala Keuangan Huawei Ditahan

Wanzhou sendiri meminta untuk tidak dipublikasikan pada persidangan yang dijadwalkan pada Jumat (7/12/2018), karenanya juru bicara Departemen Kehakiman Kanada tidak dapat lebih detail memberikan tentang penangkapan tersebut. 

Pihak berwenang Amerika telah meneliti Huawei sejak 2016 karena mereka meyakini perusahaan tersebut telah mengirimkan produk teknologi Amerika Serikat ke Iran. Selain itu, perusahaan tersebut juga dicurigai sebagai mata-mata karena hubungan Huawei dengan pemerintah China.

Selandia Baru dan Australia dilaporkan telah menghentikan operator telekomunikasi dari menggunakan perangkat Huawei karena risiko pemerintah China yang akan mempelajari tentang jaringan komunikasi mereka.

Baca juga: Bikin Dunia Tenang, AS-China Sepakat Tak Terapkan Bea Masuk Tambahan

Rupanya, Amerika Serikat telah melangkah lebih jauh ketika sepasang Senator AS melayangkan surat kepada Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan mendesak Kanada untuk tidak berurusan dengan Huawei karena risiko keamanan yang tinggi.

Huawei adalah salah satu penyedia peralatan dan layanan telekomunikasi terbesar dunia. Dalam statistik penjualan smartphone, Huawei telah melampaui omset penjualan Apple pada kuartal kedua tahun ini.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More