Forgot Password Register

Headlines

Dramatis! Inggris Lolos Perempatfinal Piala Dunia Lewat Adu Penalti

Timnas Inggris selebrasi kelolosannya di perempatfinal Piala Dunia 2018. (Foto: Reuters/Maxim Shemetov) Timnas Inggris selebrasi kelolosannya di perempatfinal Piala Dunia 2018. (Foto: Reuters/Maxim Shemetov)

Pantau.com - Laga terakhir di babak 16 besar antara Kolombia melawan Inggris berakhir dramatis. Pertandingan yang berlangsung di Spartak Stadium itu dimenangkan oleh The Three Lions lewat drama adu penalti dengan skor 3-4, Rabu (4/7/2018). Atas kemenangan ini, mereka bakal bertemu dengan Swedia di perempatfinal Piala Dunia 2018.

Pada babak pertama, laga berjalan sedang-sedang saja. Meski beberapa peluang tercipta di awal babak pertama, yakni lewat tandukan Harry Kane yang masih melewati atas mistar gawang David Ospina.

Kolombia belum mendapatkan kans bagus ketika waktu berusia 30 menit. Pasalnya, serangan Juan Cuadrado dan kolega mampu dibaca oleh barisan pertahanan Inggris.

Ritme permainan meninggi ketika sejumlah drama terjadi di tengah lapangan. Di mana pelanggaran dilakukan oleh Jefferson Lerma terhadap Kane membuat wasit memberikan hadiah tendangan bebas untuk Inggris. Sayang,  sepakan Kieran Trippier masih melebar.

Kolombia yang hanya mengandalkan serangan balik tak mampu melepaskan tembakan ke arah gawang Inggris. Mereka hanya satu kali tembakan dari Juan Quintero yang mampu diamankan Jordan Pickford.

Wasit pun membunyikan peluit tanda berakhirnya babak pertama. Duel Kolombia kontra Inggris masih bertahan 0-0.

Usai turun minum, Inggris terus bermain cepat dengan mengandalkan kecepatan Raheem Starling dan Harry Kane di barisan depan. Pemain Kolombia pun terpaksa turun membantu daerah pertahanan.

Petaka bagi Los Cafeteros -julukan Kolombia- di mana wasit asal Amerika Serikat, Mark Geiger menunjukkan titik putih untuk The Three Lions. Pasalnya, Carlos Sanchez menjatuhkan Kane di daerah kotak penalti.

Kane selaku eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik di menit '57. Bola sepakkannya mengarah lurus, Ospina terkecoh karena menjatuhkan diri ke arah kanan. 1-0 untuk keunggulan Inggris.



Permainan semakin memanas, para pemain Kolombia tersulut emosi. Tercermin dari protes keras Falcao di menit '63, hingga Carlos Bacca yang baru saja masuk juga menerima hukuman yang sama.

Pemain belakang Inggris, Kyle Walker melakukan blunder di lini tengah, bola milikinya mampu dicuri Bacca. Bacca yang berlari ke depan menyodorkan bola ke Cuadrado yang berada di sisi kiri gawang Inggris, sayang sepakan pemain Juventus itu masih melebar!

Kolombia terus berupaya menaikkan tempo permainan. Alhasil, mereka mendapatkan sepakan pojok, Cuadrado mengirimkan crossing ke daerah pertahanan Inggris, Yerry Mina sukses memasukkan bola dengan sundulan ke gawang lawan. Skor menjadi 1-1.



Gol tersebut membawa harapan bagi Kolombia untuk bisa melangkahkan kakinya ke perempatfinal. Wasit pun meniup peluit tanda waktu normal habis, extra time pun dilakukan.

Mamasuki babak tambahan waktu, Kolombia menguasai jalannya laga. Bahkan peluang hadir lewat Bacca, sebelumnya Johan Mojica mengirimkan umpan lambung, tapi bola hasil sundulan Bacca mampu diamankan Pickford. Skor berimbang tetap 1-1 hingga turun minum di waktu perpanjangan waktu pertama.

Memasuki babak extra time kedua, Inggris membangun serangan cepat. Peluang didapatkan Vardy yang tinggal berhadapan dengan Ospina, tapi wasit menilai penyerang Leicester City itu dalam posisi offside.

The Three Lions mencoba tampil tenang dengan memainkan bola dari kaki ke kaki. Peluang datang di menit '111, di mana Danny Rose melepaskan tendangan keras di  sisi kanan pertahanan Kolombia. Namun bola masih melewati depan gawang Ospina.

Di menit '112, kedua tim melakukan pergantian pemain, di mana Inggris memasukkan pemain bertipe menyerang, Marcus Rashford. Sementara Kolombia menambahkan kekuatan lini belakang dengan memasukkan Zapata.

Skor berimbang tak berubah hingga di ujung waktu extra time. Laga Kolombia vs Inggris pun dilanjutkan melalui adu penalti.


Drama Adu Penalti

Radamel Falcao mengambil tendangan penalti pertama untuk Kolombia. Sepakkannya berbuah gol, 1-0 untuk keunggulan Kolombia. Sementara Inggris, kembali mengandalkan Kane. Tendangan penyerang Tottenham Hotspur itu menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1.

Eksekutor kedua Kolombia dilakukan dengan baik oleh Cuadrado. Inggris pun kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat Rashford.

Luis Muriel sebagai penendang ketiga sukses menjalankan tugasnya. Sementara The Three Lions gagal menambah skor lewat Henderson karena bola sepakannya mampu dibaca Ospina.

Di kesempatan keempat, Kolombia gagal menambah poin, tendangan Mateus Uribe mengenai mistar gawang. Inggris menyamakan kedudukan lewat Kieran Trippier.

Kali ini Bacca menjadi eksekutor kelima untuk Kolombia. Namun bola sepakkannya mampu ditepis Pickford. Eric Dier sebagai penentu berhasil menuntaskan pekerjaan dengan baik. Inggris lolos ke perempatfinal dengan skor 3-4.

 
Susunan Pemain:

Kolombia: 1-David Ospina; 4-Santiago Arias ('114 Cristian Zapata), 13-Yerry Mina, 23-Davinson Sanchez, 17-Johan Mojica; 5-Wilmar Barrios, 6-Carlos Sanchez ('79 Mateus Uribe), 16-Jefferson Lerma ('61 Carlos Bacca); 11-Juan Cuadrado, 9-Radamel Falcao, 20-Juan Quintero ('88 Luis Muriel).

Inggris: 1-Jordan Pickford; 2-Kyle Walker ('112 Marcus Rashford), 5-John Stones, 6-Harry Maguire; 12-Kieran Trippier, 20-Dele Alli ('81 Eric Dier), 8-Jordan Henderson, 7-Jesse Lingard, 18-Ashley Young ('102 Danny Rose); 10-Raheem Sterling ('88Jamie Vardy), 9-Harry Kane.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More