Forgot Password Register

Elga Kharisma Tak Diturunkan di BMX, Ini Pertimbangan Pelatih

Elga Kharisma Tak Diturunkan di BMX, Ini Pertimbangan Pelatih Pembalap BMX Putri Indonesia, Elga Kharisma. (Foto: Pantau.com/Willa Wildayanti)

Pantau.com - Pembalap BMX andalan Indonesia, Elga Kharisma Novanda, masih berkutat dengan cedera yang dialaminya. Sehingga Pelatih Sepeda, Dadang Haris Poernomo, memutuskan tidak menurunkan Elga pada Asian BMX Cycling Championship (ACC) 2019 yang berlangsung di Sirkuit Nilai, Negeri Sembilan, Malaysia, 13-14 April 2019.

Meski Asian BMX Cycling Championship (ACC) sendiri sebagai kejuaraan untuk mendulang banyak poin demi bisa lolos ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) tak ingin memaksakan atlet yang memiliki julukan Ratu BMX Asia Tenggara tersebut untuk turun pada ajang Kejuaraan Asia itu.

Keputusan tersebut diambil karena hingga saat ini Elga Kharisma masih melakukan terapi, walaupun ia sudah sembuh tapi masih membutuhkan pemulihan kondisi. Sehingga Dadang mengatakan jika untuk atlet peraih medali Emas SEA Games 2017 itu akan lebih difokuskan untuk ke nomor Track bukan BMX lagi.

Baca Juga: Ratu BMX Indonesia Jalani 3 Bulan terapi Pasca Operasi

Hal itu dilakukan melalui pertimbangan matang, dimana setelah menjalani operasi hingga saat ini tentu atlet yang pernah menyabet empat medali emas beruntun di SEA Games 2011 hingga 2017 itu perlu pengembalian skill lagi. Untuk saat ini track dinilai lebih mudah dalam penyesuaian setelah atlet asal Malang tersebut istirahat karena cedera yang di deritanya.

“Elga tidak jadi saya turunkan ke BMX ACC ini. Lebih baik saya fokuskan ke Track untuk ikut pada bulan Mei dan Juni di Taiwan serta di China nanti,” ujar Dadang Haris saat dihubungi Pantau.com, Rabu, 10 April 2019.

“Pertimbangannya adalah dia masih butuh waktu untuk kembali ke BMX, tapi kalau track masih jauh lebih cepat (adaptasi) latihan dari pada BMX nya,” tambahnya.

Baca Juga: Wiji Ditargetkan Capai Final BMX Cycling Championship 

Mengenai Elga Kharisma, apa masih ada harapan untuk bisa kembali ke BMX, Dadang menegaskan jika harapan itu masih ada. Namun untuk pengembangan skill masih membutuhkan waktu, apalagi berharap bisa fit seperti dulu, karena ia juga istirahat cukup lama usai operasi.

"Setelah itu bisa jadi Elga bisa kembali lagi berlatih BMX nya,” ungkapnya.

“Bisa saja (kembali ke BMX) kan untuk Race BMX masih butuh waktu, dimana artinya di BMX juga masih butuh waktu mengembalikan skill nya, dan sebagainya. Tapi kalau di track jauh lebih mudah untuk skill nya, dan kalau fisik kan sama saja,” tuntasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More