Forgot Password Register

Headlines

Habiburokhman Bela Amien Rais yang Disebut Pengkhianat Reformasi

Habiburokhman Bela Amien Rais yang Disebut Pengkhianat Reformasi Habiburokhman (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman secara tegas membantah pernyataan para aktivis 1998 yang menyebut Amien Rais sebagai pengkhianat reformasi. Habiburokhman menegaskan, Amien merupakan tokoh yang berhasil membangkitkan semangat para mahasiswa untuk berani turun ke jalan mengkritisi pemerintahan orde baru yang dipimpin Soeharto.

"Kita paham benar Pak Amien Rais salah satu orang yang membuat kita semua berani, dulu itu hanya segelintir mahasiswa yang berani sebelum Pak Amien Rais muncul sebagai salah satu figur yang keras terhadap kekuasaan saat itu," ujar Habiburokhman di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018).

Baca juga: Faizal Assegaf: Amien Rais Itu Setan Reformasi

Hal ini diungkapkan Habiburokhman lantaran saat itu ia merupakan salah satu aktivis yang ikut turun ke jalan. Sehingga ia menceritakan bagaimana Amien saat itu berani mengkritisi kasus Freeport dan Sumber Daya Mineral (SDM).

"Itu salah satu pemicu yang membuat kelas mahasiswa menjadi lebih berani. Jadi kalau ngomong 98 saya paham betul, karena saya sudah jadi aktivis, kita sudah bergerak sejak tahun 95, 96 dan beberapa tahun sebelumnya," katanya.

"Setahu saya organisasi dia itu (Faizal Assegaf) baru ada menjelang reformasi, yang bergerak itu kami duluan di daerah-daerah," katanya.

Baca juga: OSO Geram dengan Gerakan #2019GantiPresiden

Sebelumnya, Faizal Assegaf dan Sri Bintang Pamungkas kompak menuding Amien Rais tidak pantas disebut Bapak Reformasi. Hal itu lantaran banyak hal dari cita-cita reformasi yang dikhianati Amien Rais. 

"(Tahun) 1999 Amien Rais menghasut umat Islam untuk mengharamkan pemimpin perempuan yaitu Megawati. Lalu mengangkat Gus Dur sebagai gantinya, tapi ketika kepentingannya tidak terakomodasi oleh Gus Dur, dilengserkanlah Gus Dur dan digantikan oleh Megawati," ujar Faizal Assegaf dalam diskusi memperingati 20 tahun lengsernya Soeharto di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (07/05).

Share :
Komentar :

Terkait

Read More