Forgot Password Register

Ini 5 Syarat Penting Bila Ingin Pertemuan Donald Trump-Kim Jong Un Berhasil

Ini 5 Syarat Penting Bila Ingin Pertemuan Donald Trump-Kim Jong Un Berhasil Donald Trump dan Kim Jong Un. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diyakini harus mendapatkan keputusan final terkait seluruh aspek yang berhubungan antara kedua negara. Pertemuan bersejarah itu akan dilaksanakan di Singapura 12 Juni mendatang.

Setelah sempat membatalkan pertemuan tersebut, Trump pada akhirnya kembali berniat untuk bertemu Korut. AS menginginkan agar Korut melakukan denuklirisasi di Semanjung Korea. Imbalannya, Korea Utara akan mendapatkan pembangunan ekonomi yang tinggi.


Donald Trump dan Kim Jong Un. (Foto: Reuters)

Namun ada beberapa hal yang perliu diperhatikan agar pertemuan tersebut berjalan lancar dan menghasilkan kebijakan.

Dikutip Pantau.com dari USA Today, Sabtu (9/6/2018), berikut Inilah yang dibutuhkan kedua pemimpin;

Komit untuk Bertahan

Tujuan pertama dari KTT seharusnya adalah bahwa KTT tidak gagal, seperti yang disampaikan oleh mantan perunding AS-Korea, Robert Gallucci. Ia menambahkan, terpenting kedua pemimpin tidak ada yang meinggalkan pertemuan lebih awal.

Baca juga: Begini Penampakan Medali Emas Buatan Singapura untuk Pertemuan Trump-Kim

"Itu tidak ada yang pulang lebih awal karena apa yang dikatakan atau dilakukan pihak lain. Dan bahwa mereka setuju secara umum untuk terus bernegosiasi," katanya.

Gallucci adalah mantan kepala negosiator AS dalam perjanjian 1994 di mana Korea Utara berkomitmen untuk membekukan program senjata plutoniumnya sebagai imbalan atas dua reaktor nuklir ringan dan manfaat ekonomi yang dijanjikan oleh Amerika Serikat. (Perjanjian itu tidak pernah sepenuhnya dilaksanakan.)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More