Forgot Password Register

Israel Sesumbar Akan 'Kubur' Kesepakatan Nuklir Iran

Israel Sesumbar Akan 'Kubur' Kesepakatan Nuklir Iran Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: Reuters/Heidi Levine)

Pantau.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengajukan tawaran kepada Eropa untuk membubarkan kesepakatan nuklir Iran. Sementara Iran meminta negara Eropa mengutuk sikap AS cabut dari kesepakatan nuklir 2015 lalu. 

Mengutip Russia Today, Selasa (5/6/2018), Netanyahu berangkat ke Eropa guna meyakinkan Jerman, Prancis dan Inggris menandatangani perjanjian untuk ke luar dari kesepakatan nuklir Iran. 

"Minggu ini saya akan bertemu dengan tiga pemimpin Eropa Emmanuel Macron, Angela Merkel dan Theresa May. Israel tidak akan membiarkan Iran mendapatkan senjata nuklir," kata Netanyahu.

Baca juga: Iran kepada AS: Kesepakatan Nuklir Tidak Bisa Dinegosiasi Ulang!

Sikap tersebut, sambungnya, lantaran Iran dianggap telah berbohong tentang program nuklirnya.

Sementara itu,Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan seluruh dunia harus sepakat menyelamatkan kesepakatan nuklir pasca keluarnya Amerika Serikat.

Seperti diketahui, Presiden AS Donald Trump menarik diri dari perjanjian 2015 antara Iran dan negara-negara dunia yang mencabut sanksi Iran dengan imbalan pengekangan program nuklir di Teheran.

Baca juga: Indonesia Terima Sulaman Mushaf Al-Quran Terbesar di Dunia

Hingga kini, Prancis, Jerman, Inggris, Rusia dan China masih konsisten menerima perjanjian internasional sebagai kesempatan terbaik untuk menghentikan Iran mengembangkan senjata nuklir.

"JCPOA (kesepakatan nuklir) bukan milik penandatangannya, sehingga satu pihak dapat menolaknya berdasarkan kebijakan domestik atau perbedaan politik dengan mantan pemerintahan yang berkuasa (AS)," kata Zarif.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More