Pantau Flash
Cabor Menembak Sempat Terkendala Pajak Impor Peluru
Menko PMK Perkirakan 10 Juta Orang Butuh Kartu Pra Kerja
Safawi Rasid Dicoret dari Timnas U-22 Malaysia
LRT Beroperasi Komersil Mulai 1 Desember dengan Tarif Rp5000
Iwan Bule Lepas Timnas U-22 Indonesia ke SEA Games 2019

Korsel Desak Jepang Agar Tak Kibarkan Bendera Matahari Terbit di Olimpiade

Korsel Desak Jepang Agar Tak Kibarkan Bendera Matahari Terbit di Olimpiade Warga Korea Protes dengan bendera Matahari Terbit milik Jepang. (Foto: Straight News)

Pantau.com - Kementerian Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan mendesak Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk tidak mengibarkan bendera matahari terbit pada pagelaran Olimpiade 2020 Tokyo.

Menteri Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan Park Yang-woo mengatakan bendera matahari terbit merupakan bentuk imperialisme Jepang yang hanya akan mengingatkan luka dan sejarah masa lalu. Selain itu, bendera itu juga dinilai menentang semangat damai Olimpiade.

Yang-woo pun telah mengirim surat kepada IOC, sebagai bentuk kekecewaan mereka atas keputusan panitia yang akan menampilkan bendera itu sepanjang perhelatan Olimpiade. IOC mengkonfirmasi bahwa mereka telah menerima surat tersebut.

Baca juga: Korut-Korsel Turun Satu Bendera dalam Olimpiade Tokyo 2020?

“Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa sebuah stadium olahraga harus terbebas dari segala macam bentuk kepentingan politik,” kata panitia IOC seperti dikutip Reuters, Kamis (12/9/2019).

“Apabila kekhawatiran muncul pada saat pertandingan berlangsung, kami akan melihatnya berdasarkan kasus per kasus,” tambahnya.

Baca juga: Menteri Olimpiade Jepang Mundur Usai Lontarkan Kalimat Kontroversial


Namun surat tersebut belum dapat balasan langsung dari pemerintahan Tokyo. Namun, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, mengatakan bahwa bendera tersebut lumrah digunakan dalam sebuah penyelenggaraan Olimpiade di Jepang. Mereka tidak menganggap pengibaran bendera itu sebagai praktik politik.

Kementerian Korea Selatan juga menyampaikan dalam suratnya bahwa Federasi Sepakbola Internasional FIFA telah melarang penggunaan bendera tersebut. Pada tahun 2017, Asosiasi Sepakbola Asia memberikan sanksi kepada Jepang karena menggunakan bendera matahari terbit selama Liga Champions AFC berlangsung.


Tim Pantau
Sumber Berita
Reuters
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: