Forgot Password Register

Mengenal Komedian Vladimir Zelenskiy yang Menjadi Presiden Ukraina

Mengenal Komedian Vladimir Zelenskiy yang Menjadi Presiden Ukraina Komedian Ukraina, Vladimir Zelenskiy. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Komedian Ukraina, Vladimir Zelenskiy, terpilih sebagai presiden mengalahkan petahana, Petro Poroshenko.

Zelenskiy, kandidat dari Partai Pelayan Rakyat berhasil memperoleh 73,2 persen suara, sedangkan Petro Poroshenko mendapat 25,3 persen.

Zelensky (41), yang berperan sebagai seorang presiden dalam acara televisi populer di Ukraina, berhadapan dengan Petro Poroshenko dalam pemilihan presiden Ukraina.

Dalam serial televisi itu, Zelenskiy memerankan seorang guru sejarah yang menjadi presiden setelah memerangi korupsi dan mengubah susunan kabinet.

Baca juga: Wow! Komedian Zelensky Menang Pilpres Ukraina, Petahana Mengaku Kalah

Sekitar 30 juta pemilih terdaftar untuk menggunakan hak suaranya, dan sekitar 5 juta penduduk yang tinggal di wilayah Donbas dan Krimea, yang diduduki Rusia, tidak dapat memilih, seperti dilansir Anadolu, Jumat (26/4/2019).

Sebelumnya, dalam debat presiden, Zelenskiy melontarkan kata-kata yang membuat petahana 'tertampar'.

"Saya bukan lawan anda. Saya adalah hasil dari kesalahan dan janji-janji," kata Zelenskiy, dengan akhir debat tanpa jabat tangan dua kandidat.

Siapa Vladimir Zelenskiy?

Zelwnskiy lahir pada 25 Januari 1987, dalam sebuah keluarga insinyur dan matematikawan di Kota Krivoy Rog di Dnipropetrovosk.

Ia memperoleh gelar dalam bidang hukum dari Universitas Ekonomi Nasional Kiev. Meski demikian, ia tak pernah bekerja sebagai pengacara.

Selama menjadi mahasiswa, Zelenskiy bergabung dengan komunitas teater. Pada 1997, ia memimpin sebuah tim  kabaret yang tampil di acara televisi komedi, KVN, yang sangat kompetitif.

Baca juga: Infografis Volodymyr Zelenskiy, Pelawak yang Jadi Presiden Ukraina

Di tahun 2003, ia menjadi Ketua Kvartal 95, sebuah perusahaan entertaiment. Di tahun yang sama, ia menikah dengan teman sewaktu sekolahnya, Elena Kiyashko, dan saat ini memiliki dua anak.

Zelenskiy menjadi seorang penulis, director, dan penyiar dalam program Verherniy Kvartal, yang menjadi salah satu program dengan rating tinggi.

Aktor tanpa pengalaman politik itu menyatakan, dirinya akan bersaing untuk jabatan presiden pada malam tahun baru 2018, dan sejak saat itu ia memulai kampanye politiknya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More