Pantau Flash
Ditugaskan Impor 50.000 Ton Daging Sapi Brazil, 3 BUMN Ini Belum Urus Izin
Thailand Terancam Krisis Ekonomi karena Tuduhan Manipulasi Pemilu
Lahir dengan Koneksi Internet dan Medsos, Gen Z Waspadai Depresi
Fasilitas Kilang Aramco Diserang, Saudi Genjot Pemulihkan Produksi Minyak
Jelang Setahun Gempa Sulteng, 216 Narapidana Belum Kembali

Menyamai Pesawat, Jepang Miliki Kereta Tercepat di Dunia

Menyamai Pesawat, Jepang Miliki Kereta Tercepat di Dunia Kereta Shinkansen Alfa X. (Foto: Nikkei Asian)

Pantau.com - Jepang melakukan uji coba kereta peluru tercepatnya. Kabarnya kecepatan kereta itu mampu mencapai 400 kilometer per jam (249 mph) dan akan memecahkan rekor dunia.

Ya, kereta itu dinamakan shinkansen ALFA-X, uji coba dilangsungkan pada Jumat 10 Mei 2019 lalu. Ditargetkan bakal beroperasi pada tahun 2030. Meski memiliki kecepatan yang sedikit lagi menyamai pesawat, namun masih diutamakan memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Sekadar informasi, ALFA-X akan mengalahkan kereta Fuxing- China, yang lebih lambat 10 Kilo/jam. Rancangan ALFA-X ini sangat futuristik dengan hidung yang memanjang.

Baca Juga: China Kembangan Kereta Cepat Hingga Perbatasan Rusia

Kereta diuji pada jalur antara kota Sendai dan Aomori, yang berjarak sekitar 280 kilometer. Tes oun dilakukan setelah tengah malam, ketika keadaan sepi, dan akan dilakukan dua kali dalam seminggu.

ALFA-X menandai tahap baru pertumbuhan untuk Shinkansen, mendorong layanan kereta kecepatan tinggi yang terkenal di dunia. Debut uji coba ini dilakukan setahun setelah uji coba Shinkansen N700S berlansung. Dengan kecepatan 300 kilo per jam, N700S akan beroperasi mulai 2020.

Kesiapan model-model baru ini bertepatan dengan persiapan Jepang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Kendati demikian, kecepatan yang dicapai kereta selama menjalankan uji coba tidak akan menyamai kecepatan levitasi magnetik Japan Railway, atau maglev, kereta yang mencapai 603 kpj (374 mpj) di jalur eksperimental pada 2015.


Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Internasional

Berita Terkait: