Forgot Password Register

Netanyahu kepada Putin: Hilangkan Tentara Iran dari Suriah

PM Israel Benjamin Netanyahu (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters/Yuri Kadobnov) PM Israel Benjamin Netanyahu (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters/Yuri Kadobnov)

Pantau.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin jika tidak punya masalah dengan Suriah. Termasuk dengan sang Presiden Bashar al-Assad.

“Saya telah menetapkan kebijakan yang jelas bahwa kami tidak campur tangan dan kami tidak melakukan intervensi (terhadap Suriah). Apa yang mengganggu kami adalah ISIS," kata Netanyahu seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (12/7/2018).

"Inti dari masalah ini adalah menjaga kebebasan kita bertindak terhadap siapa pun yang bertindak melawan kita. Kedua,hilangkan orang-orang Iran dari wilayah Suriah."

Baca juga: Polisi Tangkap Penceramah Kontroversial Harun Yahya Atas Kasus Pelecehan Seksual

Beberapa jam sebelum pernyataan itu dibuat, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melaporkan bahwa mereka telah menembakkan rudal ke provinsi Quneitra barat daya Suriah. Serangan itu merupakan balasan terhadap gangguan UAV Suriah.

Netanyahu juga mendesak Putin untuk mendorong pasukan Iran ke luar dari Suriah.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman menyatakan, tidak terlalu berharap Rusia mampu menarik mundur pasukan Iran dari Suriah.

"Saya rasa kita jauh dari itu, tetapi kami tidak mengesampingkan apa pun," kata dia.

Baca juga: Jelang Pertemuan 16 Juli Mendatang, Trump-Putin Dilarang Teleponan?

Untuk diketahui, pada 10 Mei lalu Angkatan Udara Israel melancarkan serangan rudal terhadap pasukan Iran di Suriah. Suriah pun mengutuk serangan lantaran telah melanggar UU kedaulatan.

Hingga kini, Israel dan Suriah masih tetap secara resmi berperang sebagai akibat dari konflik ini dan kurangnya hubungan diplomatik bilateral formal.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More