Forgot Password Register

Perhiasaan Ratu Prancis Pecahkan Rekor Dunia dalam Sejarah Pelelangan

Perhiasaan Ratu Prancis Pecahkan Rekor Dunia dalam Sejarah Pelelangan Liontin mutiara dan berlian yang pernah dimiliki oleh Marie Antoinette dalam pelelangan yang diselenggarakan di Jenewa. (Foto: Reuters/Denis Balibouse)

Pantau.com - Liontin mutiara dan berlian milik mantan Ratu Prancis Marie Antoinette dijual seharga 32 juta Franc Swiss atau setara dengan USD $36 juta dalam sebuah acara pelelangan di Jenewa, Rabu (14 November 2018).

Liontin itu termasuk bagian dari permata utama milik ratu Prancis terakhir. Di antara perhiasan tersebut, yang paling menonjol adalah liontin berlian oval dan mutiara berbentuk tetesan air. Keduanya dibeli oleh seorang pembeli anonim.

Pejabat rumah pelelangan Sotheby david Bennett mengatakan, harga itu memecahkan rekor dunia penjualan perhiasaan kerajaan dalam sejarah pelelangan, seperti dilansir Anadolu, Kamis (15/11/2018).

Sementara itu, seorang eksekutif senior dari rumah lelang Sotheby Daniela Mascetti mengatakan kepada Anadolu Agency, penjualan perhiasan terebut sangat baik karena belum ada perhiasan mutiara dan berlian yang dijual dengan harga setinggi itu selama ini.

Baca juga: Perhiasan Putri Arab Saudi Senilai Rp13,7 Miliar Digondol Maling

Menurut sejarawan, Menikah dengan Raja Loius ke 16, Marie Antoinette diprotes oleh sebagian besar rakyat Perancis atas kehidupan mewahnya di tengah krisis keuangan nasional. Dia dipenggal di Paris pada Oktober 1793 di usia 37 tahun. Setelah kematiannya, perhiasannya mengikuti jalan berliku seiring dinamika kekuasaan Eropa pada abad ke-18 dan ke-19.

Seperti dilansir AFP, menurut laporan dayang ratu Nyonya Campan, Marie Antoinette menghabiskan satu malam di Istana  Tuileries membungkus semua berlian, batu mirah, dan mutiara miliknya dengan kapas dan melapisinya dalam peti kayu.

Pada tahun 1792, keluarga kerajaan dipenjarakan di Paris. Raja dan ratu dieksekusi di tahun berikutnya. Putra mereka yang berumur 10 tahun meninggal dalam kurungan. Hanya putri mereka, Marie Therese yang selamat. Ia dikirim ke Austria pada 1796 dan mewarisi perhiasan dari sang ibu.

Baca juga: Zamrud Langka Dengan 5,655 Karat Ditemukan di Zambia

Share :
Komentar :

Terkait

Read More