Forgot Password Register

Perkuat Hubungan Kemitraan, PM China Jumpa Jokowi-Kalla

Perkuat Hubungan Kemitraan, PM China Jumpa Jokowi-Kalla Presiden Joko Widodo bersama PM China, Li Keqiang. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Perdana Menteri China, Li Keqiang, dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla selama kunjungan kenegaraannya ke Indonesia pada 6-8 Mei 2018. Kabar tersebut disampaikan oleh perwakilan dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

"PM Li akan melakukan pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo dan bersama-sama menghadiri pertemuan pemimpin puncak bisnis China-Indonesia. Li juga akan bertemu Wapres Jusuf Kalla," ujar Wakil Menteri Luar Negeri China Kong Xuanyou.

Baca Juga: Pastikan Kualitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung, China Cek TKP

Kunjungan Li ke Indonesia merupakan kunjungan pertamanya ke luar negeri sejak menjabat PM China untuk periode lima tahun keduanya pada Maret 2018. Li terakhir kali mengunjungi Indonesia pada tahun 2008 saat masih menjabat sebagai wakil perdana menteri negara berpenduduk terbesar di dunia itu.

Kunjungan Li juga menandai lima tahun kemitraan strategis dan komperehensif Indonesia-China dan 15 tahun kemitraan strategis ASEAN-China. Selama kunjungan di Indonesia nanti, Li dan Jokowi akan mengeluarkan pernyataan bersama dan menandatangani beberapa dokumen kerjasama berbagai sektor, termasuk perdagangan dan investasi.

"ASEAN merupakan tetangga diplomatik penting dan kawasan utama Inisiatif Belt and Road (Jalur Sutera dan Jalur Maritim Abad ke-21)," kata Kong.

Sementara itu, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan bahwa kunjungan Li tersebut menunjukkan betapa pentingnya Indonesia di mata China. Hubungan antarmasyarakat China dan Indonesia sudah terjalin sejak 2.000 tahun yang lalu dan Indonesia merupakan salah satu mitra diplomatik utama China, demikian Xiao sebagaimana dikutip Xinhua.

Setelah melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, Li bertolak menuju Jepang untuk menggelar pertemuan trilateral bersama PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More