Forgot Password Register

Piringan Hitam Akan Naik Daun Tahun Depan, Ini Penyebabnya

Piringan hitam (Foto: Wikimedia) Piringan hitam (Foto: Wikimedia)

Pantau.com - Ada kabar baik bagi dunia musik. Piringan hitam akan bangkit lagi setelah munculnya teknologi baru yang diciptakan oleh startup asal Austria, Rebeat Innovations.

Melansir Digital Trends, Senin (16/4/2018), Rebeat Innovations menggunakan teknologi 'high-definition vinyl'. Yang mampu mengkonversi audio digital dengan menggunakan laser untuk mengukir 'stamper' keramik. Komponen itu yang mampu menciptakan alur pada rekaman saat proses pembuatan.

Rebeat Innovations telah juga telah mengajukan paten teknologi di tahun 2016 tentang peta topografi berbasis 3D yang dikombinasikan dengan teknologi laser. Teknologi itu mampu mengurangi waktu produksi hingga 60 persen.

Baca juga: Musik Bakal Tentukan Kepribadian Kamu, Percaya?

Dengan teknologi tersebut maka tercipta vinyl HD yang memiliki ketepatan tinggi, volume lebih baik, kualitas yang terjaga, dan daya tahan yang lama. 

Pendiri Rebeat Innovations, Gunter Loibl mengatakan telah menerima pendanaan sebesar USD5 juta untuk pembuatan vinyl HD. 

"Kami berharap di musim panas 2019, vinyl HD akan tersedia di toko untuk pertama kalinya," kata Loibl.

Baca juga: 'Pekat', Lagu Baru Garapan Reza Rahadian Bareng Yura Yunita

Kabar mengenai kemunculan vinyl HD menjadi angin segar pemilik laber. Pasalnya, kini anak muda punya alasan lagi untuk menggunakan piringan hitam.

"Saat ini, internet bisa mengakses apapun, termasuk musik. Tapi, banyak juga anak muda yang lebih suka dengan musik dalam bentuk fisik. Ini berita baik untuk semua label musik dan sangat mengagetkan," kata Miriam Linna pemilik perusahaan rekaman independen Norton Records.

Seperti diketahui, saat ini penjualan musik dalam bentuk CD dan digital terus menurun. Mereka dikalahkan oleh format streaming seperti Spotify.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More