Forgot Password Register

Punya Nilai Ekonomi Tinggi, Perdagangan Sawit Terus Didorong

Punya Nilai Ekonomi Tinggi, Perdagangan Sawit Terus Didorong Buah sawit (Foto:Pixabay)

Pantau.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mendorong upaya pemerintah untuk mengatasi dan menyelesaikan hambatan perdagangan sektor kelapa sawit, guna memberikan hasil yang konkret dan berkelanjutan khususnya bagi industri dalam negeri.

Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono mengatakan, permasalahan terkait hambatan perdagangan bukan hanya ada pada saat ini. Namun, untuk kedepannya, tantangan tersebut akan terus ada, mengingat kelapa sawit merupakan industri strategis global.

"Saat ini pemerintah menunjukkan usaha serius khususnya dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan hambatan perdagangan," kata Joko, pada Seminar Menjawab Hambatan Perdagangan Ekspor Minyak Sawit di Pasar Global, di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Baca juga: Tak Pengaruhi APBN, Lemahnya Rupiah Ancam Persoalan Subsidi

Pihaknya menghargai upaya pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah terkait hambatan perdagangan sektor kelapa sawit. Salah satu hambatan yang tengah dihadapi industri tersebut adalah resolusi Parlemen Uni Eropa akan mengeluarkan kelapa sawit sebagai salah satu bahan dasar biofuel di Eropa pada 2021.

Resolusi Parlemen Uni Eropa mengusulkan penghapusan minyak sawit sebagai sumber biodiesel. Saat ini, resolusi tersebut masoh belum mengikat secara hukum, namun pemerintah Indonesia terus berupaya mencegah resolusi itu untuk menjadi keputusan bersama Uni Eropa.

"Kami harus terus memberikan dukungan kepada pemerintah, dan mendorong upaya yang dilakukan," jelasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More