Forgot Password Register

Headlines

Saat Paus Fransiskus Mencium Kaki Oposisi Sudan Selatan, Ada Apa?

Saat Paus Fransiskus Mencium Kaki Oposisi Sudan Selatan, Ada Apa? Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus mencium kaki pemimpin oposisi Sudan Selatan Salva Kiir. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus melakukan tindakan yang mengejutkan dalam pertemuan dengan berlutut mencium kaki pemimpin Sudan Selatan di Vatikan, Kamis, 11 April 2019.

Bukan tanpa alasan, Paus Fransiskus melakukan hal itu kepada Presiden Salva Kiir, mantan wakil pemimpin pemberontak Riek Machar, dan tiga wakil presiden lainnya sebagai penghormatan atas kesepakatan senjata kedua kubu, seperti dilansir Reuters, Jumat (12/4/2019).

"Saya meminta anda sebagai saudara untuk tetap damai. Saya meminta anda dengan hati tulus saya, marilah kita maju," kata Paus Fransiskus.

Baca juga: Momen Paus Fransiskus Menarik Tangannya saat Disalami Jamaah, Kenapa?

Para pemimpin Sudan itu tampak terkejut melihat Paus yang berusia 82 tahun, serta menderita sakit kaki yang kronis, saat berlutut dengan bantuan ajudannya untuk mencium sepatu dari dua pemimpin lawan utama.

Paus mendesak agar mereka melihat apa yang menyatukan dari perbedaan dan mengatakan bahwa rakyat sudah jengah dengan konflik yang berlangsung selama lima tahun itu.

Baca juga: Ini Pesan Tak Terduga Paus Fransiskus ke Komunitas Katolik di Maroko

Ia juga mengatakan akan ada perjuangan, perselisihan di antara mereka. Namun, hal itu harus diselesaikan secara internal.

"Di depan orang, berpegang tanganlah untuk bersatu, sebagai warga yang sederhana, anda akan menjadi bapak bangsa," tambahnya.

Sudan Selatan telah mencapai kemerdekaan dari Sudan pada 2011. Desember 2013, negara itu dilanda perang sipil yang membunuh 400.000 orang, dan membuat 12.000.000 warganya mengungsi, yang memicu krisis pengungsi terburuk Afrika sejak Genosida Rwanda pada 1994. September tahun lalu, Kiir dan Machar menandatangani perjanjian damai di Etiopia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More