Pantau Flash
Catat! Ini Janji Menko Luhut Soal Solusi Masalah Sawit Indonesia
Menlu Iran: AS Tak Bisa Bikin Teluk Persia Kacau
Dari 20 Nama 4 Anggota Polri Lolos Profile Assessment Jadi Capim KPK
Dirut Jasa Marga Dukung Pemindahan Ibu Kota: Tol di Kalimantan Sudah Ada
Kapolsek Sukajadi Diperiksa karena Diduga Kirim Miras ke Mahasiswa Papua

Trump, Parlemen Anda Sahkan Langkah Anti Saudi Imbas Kematian Khashoggi

Trump, Parlemen Anda Sahkan Langkah Anti Saudi Imbas Kematian Khashoggi Seorang demonstran memegang gambar wartawan Jamal Khashoggi selama protes di depan Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Dewan Perwakilan Rakyat AS, mensahkan dua tindakan untuk mengecam keras Arab Saudi. Pertama, meminta menjatuhkan sanksi atas beberapa pejabat AS yang bertanggung-jawab atas pembunuhan mengerikan kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi.

Kemudian, DPR AS juga dengan suara bulat mensahkan Saudi Arabia Human Rights and Accountaliblity Act dengan 405 berbanding tujuh suara.

Baca juga: Pacar Khashoggi Sebut PBB Bawa Dunia ke Sudut Kegelapan, Jika...

Peraturan tersebut, yang diajukan oleh anggota Kongres Tom Malinowski, mengharuskan Direktur Dinas Intelijen Nasional untuk secara terbuka mengidentifikasi orang yang terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi dan memberlakukan sanksi visa serta perjalanan atas mereka.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga diharuskan melaporkan sejauh mana militer dan pasukan keamanan Arab Saudi terlibat dalam pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Meskipun langkah tersebut lolos di tingkat DPR, namun belum tentu bisa dijadikan aturan pada tingkatan senat, karena dikuasai Republik.

Anggota Senat dari Partai Republik jauh kurang keras dalam komitmen mereka untuk mengeluarkan hukuman kerat atas Arab Saudi sehubungan dengan pembunuhan Khashoggi, terutama mengingat pembelaan Presiden Donald Trump atas Putra Mahkota Mohmmad bin Salman --yang menjadi tersangka utama pemberi perintah buat pembunuhan tersebut.

Baca juga: Pompeo: Trump dan Kim Jong Un Harus Lebih Kreatif Bahas Denuklirisasi

Kongres sebelumnya mensahkan peraturan yang memberi mandat kepada Trump untuk mengidentifikasi dan menjatuhkan sanksi atas mereka yang bertanggung-jawab atas pembunuhan wartawan. Namu sayang, hal itu tidak pernah dilakukan oleh suami Melania itu. 

Untuk diketahui, Jamal Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober 2018 di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Arab Saudi mulanya membantah Kerajaan tersebut, dan beralibi mengetahui keberadaan Khashoggi setelah ia dinyakatan hilang.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: