Pantau Flash
Marquez Makin Kewalahan di Uji Coba Qatar
Ekonomi Negara-negara Terbesar Turut Luluh Lantak Akibat Korona
Kapal 10 Penumpang Tenggelam di Perairan Halmahera, 1 Orang Hilang
Puan Maharani Soal Kepercayaan Publik: Perilaku 1 Anggota DPR Berpengaruh!
Survei Median: Prabowo Ungguli Anies Jika Pilpres Digelar Hari Ini

Demi Tingkatkan Mutu Karyawan, Jasa Marga Lanjutkan Crash Program

Demi Tingkatkan Mutu Karyawan, Jasa Marga Lanjutkan Crash Program Direktur Human Capital and Transformasi, Alex Denni. (Foto: Antara)

Pantau.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dengan menyelenggarakan Crash Program Pilot Project Jasa Marga.

"Saat ini kami meluluskan 100 peserta Crash Program Pilot Project Jasa Marga. Kami targetkan re-skilling ribuan karyawan Jasa Marga untuk siap menghadapi revolusi industri 4.0," kata Direktur Human Capital and Transformasi Alex Denni di Auditorium Gedung baru Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Universitas Indonesia, Depok, Selasa (21/1/2020).

Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI Mirna Adriani serta Direktur Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI Denny. Ia mengatakan Crash Program bertujuan untuk melihat kemampuan Customer Service Supervisor (CSS) atau yang dulu dikenal dengan pengumpul tol yang mengikuti proses transformasi skill menjadi skill digital.

Baca juga: Jasa Marga Berlakukan 'Contra Flow' di 14 Kilometer Arah Jakarta

“Hasilnya kita lihat hari ini dan kami bangga sekali, 100 orang peserta lulus dengan hasil yang baik. Bahkan lebih dari 70 persen mendapatkan nilai A dan B," ujarnya.

Alex juga menjelaskan ke depannya Jasa Marga juga tengah menyiapkan pekerjaan-pekerjaan baru untuk menyambut para peserta, termasuk untuk peserta yang memiliki kecepatan belajar yang tinggi akan disiapkan advance program sehingga dapat bekerja di suasana yang lebih menantang dan lebih kompleks.

"Program ini adalah pilot project dan tidak akan berhenti sampai di sini. Kami juga sudah meminta UI untuk bersiap dengan pendidikan selanjutnya yang jumlahnya lebih banyak," ujarnya.

Baca juga: Jasa Marga Kebut Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung

Sementara itu Direktur Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI Denny mengatakan peserta yang terdiri dari beragam latar belakang dan usia tersebut sangat antusias dalam belajar. "Satu bulan bukan waktu yang sebentar dan tidak mudah untuk belajar programming. Cara berpikir seorang programmer, bisa digunakan dalam sehari-hari, salah satunya dengan berpikir, bertindak serta bicara agar lebih terperinci ke depannya," ujarnya.

Crash Program Pilot Project Jasa Marga merupakan program yang dirancang untuk karyawan-karyawan operasional Jasa Marga dengan mengikuti kelas Foundation of Programming selama kurang lebih satu bulan (9 Desember 2019-16 Januari 2020).

Program ini merupakan inisiatif Jasa Marga untuk meningkatkan kapabilitas karyawan Jasa Marga Group dalam hal programming dan coding. Prioritas karyawan yang mengikuti program ini merupakan para petugas operasional yang pekerjaannya akan terkena disrupsi oleh teknologi di masa depan.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Tatang Adhiwidharta
Category
Ekonomi

Berita Terkait: