Oknum Anggota DPR Terlibat Kasus KDRT: Bukhori Yusuf dari PKS

Headline
Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf. (foto: Aditya Andreas/pantau.com)

Pantau – Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf resmi dilaporkan kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) atas dugaan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

Kuasa hukum dari pelapor, Sriwiguna memaparkan, KDRT yang dilakukan Bukhori terhadap istri keduanya, M berlangsung sejak Januari 2022 lalu.

Ia memaparkan, tindakan KDRT yang dilakukan Bukhori terhadap M bahkan hingga membuatnya mengalami pendarahan.

Baca Juga: Komisi VIII Gelar Raker Bersama Kemenag Bahas terkait Pendamping Haji Lansia

“Bahkan BY pernah melakukan KDRT dengan memukul korban menggunakan kursi hingga babak belur,” ujar Srimiguna dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Srimiguna mengatakan, setelah melakukan KDRT, Bukhori seringkali merayu dan meminta maaf kepada korban. Namun, karena tidak ada perubahan perilaku, korban beberapa kali berupaya untuk melaporkan kepada polisi.

“Namun karena ketimpangan relasi kuasa, ketidaksetaraan, dan kelemahan, korban akhirnya takut juga melaporkan Bukhori yang seorang anggota DPR,” lanjutnya.

Baca Juga: Tolak Perppu Cipta Kerja, Fraksi PKS Walk-Out dari Rapat Paripurna

Srimiguna menjelaskan, sejak awal November 2022, proses penyelidikan telah dilakukan aparat Polrestabes Kota Bandung, Jawa Barat.

Namun, kasus tersebut tidak mengalami kemajuan setelah hampir tujuh bulan lamanya. Sejak Mei 2023, lanjutnya, proses penyelidikan telah naik dan dilimpahkan ke Bareskrim Polri.

“Mengingat terlapor adalah anggota DPR RI aktif 2019-2024, kuasa hukum korban berharap Polri dapat segera menetapkan status tersangka berdasarkan alat bukti permulaan yang cukup,” tegasnya.

Tim Pantau
Reporter
Aditya Andreas
Penulis
Aditya Andreas