Pantau Flash
Bursa Saham Kawasan Naik, IHSG Menguat 15,07 Poin
Eijkman: Flu Babi Membawa Semua Gen yang Pernah Menimbulkan Pandemi
Sudah Ada 29.919 Orang di Indonesia yang Sembuh dari COVID-19
Nadiem Tegaskan Kebijakan: Belajar Merdeka Memiliki Daya Saing Kuat
Pratikno: Janagan Ribut Lagi Soal Reshuffle, Progres Kabinet Berjalan Bagus

Cegah Karhutla, Tim Pembentuk Hujan Buatan Akan Dikirim ke Riau

Cegah Karhutla, Tim Pembentuk Hujan Buatan Akan Dikirim ke Riau Dokumentasi - Pesawat Cassa milik TNI AU bersiap melakukan operasi hujan buatan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Sabtu (14/9/2019). (ANTARA/HO-Pentak Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru)

Pantau.com - Pemerintah akan mengirim tim pembentuk hujan buatan ke Provinsi Riau pada pekan depan sebagai langkah antisipatif penanganan potensi kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi pada musim kemarau.

“Sore tadi saya sudah lapor ke Presiden bahwa Provinsi Riau perlu segera dikirim tim untuk pembuatan hujan buatan. Insya Allah tim pekan depan sudah datang ke Riau," ujar Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di depan Forkopimda, Pekanbaru, Riau, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Riau Akan Berlakukan Siaga Darurat Bencana Karhutla

Tujuan hujan buatan tersebut, kata Hadi, untuk mengisi embung-embung yang sudah kosong di berbagai titik di Riau.

“Bahkan kalau kita sempat menormalisasi embung-embung dan kanal, itu akan mempermudah membasahi gambut tersebut,” katanya.

Hadi juga mengapresiasi seluruh pihak termasuk komponen masyarakat yang antusias mempelajari penanganan karhutla yang ada di posko relawan.

Selain itu, jenderal bintang empat itu juga menegaskan bahwa ia bersama Kapolri akan melakukan penindakan hukum bagi pelaku yang menyebabkan karhutla.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Akan Copot Pejabat TNI/Polri Jika Masih Ada Karhutla

Menurutnya, sejak 2015 hingga 2019, 90 persen penyebeb karhutla adalah ulah manusia dan 80 persen diantaranya digunakan uituk membuka lahan.

Sebelumnya, pada Rabu Siang, Panglima TNI dan Kapolri menyambangi posko relawan karhutla yang berada di Bandar Serai Purna MTQ, Pekanbaru, Riau.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK

Berita Terkait: