Pantau Flash
Presiden Jokowi Tegaskan Pilkada Serentak 2020 Tidak akan Ditunda
PSBB Jakarta Diperketat, BPJS Ketenagakerjaan Optimalkan Lapak Asik
Bareskrim Polri Kirim SPDP Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan ke Kejagung
Kemendikbud Terbitkan Persekjen 14/2020 Soal Juknis Bantuan Kuota Internet
Enam Jenazah WNI Ditemukan di Pantai Johor Malaysia

Puan: Pandemi COVID-19 Tunjukkan Kekurangan yang Harus Dibenahi

Headline
Puan: Pandemi COVID-19 Tunjukkan Kekurangan yang Harus Dibenahi Ketua DPR Puan Maharani (kanan) didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) pidato pengantar dalam rangka Sidang Bersama DPR-DPD di Ruang Rapat Paripurna, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.

Pantau.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan pandemi COVID-19 memberikan petunjuk kinerja yang perlu dibenahi demi mencapai kemajuan Indonesia di berbagai bidang.

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pidato pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Jumat (14/8/2020), menyebutkan pandemi COVID-19, telah memberikan ujian kepada capaian kemajuan Indonesia saat ini di berbagai bidang.

"Kita dapat melihat berbagai kekurangan yang masih perlu terus diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya untuk mewujudkan Indonesia Maju," kata Ketua DPR RI Puan Maharani.

Baca juga: Di Gedung Parlemen, Puan Maharani Kutip Pernyataan Bung Karno

Menurut dia, perlu ada peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih merata bagi seluruh rakyat Indonesia di seluruh wilayah. Kemudian, sistem penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi perlu diperkuat.

Puan mengatakan juga perlu menyempurnakan sistem jaminan sosial dan perlindungan sosial. Selanjutnya, regulasi untuk mencegah krisis ekonomi perlu diperkuat.

"Kita juga membutuhkan regulasi yang dapat menyelaraskan otoritas kebijakan fiskal dan otoritas kebijakan moneter dalam menghadapi krisis ekonomi," kata Puan.

Saat ini, lanjut dia, Indonesia berada dalam era kemajuan zaman yang sangat dinamis dan terbuka secara sosial, budaya, ekonomi dan politik, serta persaingan global yang semakin tajam.

"Sebagai bangsa dan negara, kita semakin dituntut untuk memiliki kemampuan dan kekuatan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya, agar dapat menentukan nasib bangsa dan tanah air oleh kedaulatannya sendiri," ucapnya.

Baca juga: Ketua DPR: Ingat, Kita Masih Dihadapkan Pandemi COVID-19

Selama 75 Tahun Indonesia Merdeka, Ketua DPR RI itu mengatakan telah banyak capaian kemajuan yang diraih. Kemajuan tersebut berada dalam gerak peradaban zaman, yang selalu berkembang dan menghadirkan tantangan baru.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan Indonesia Maju, Puan mengajak semua elemen harus dapat bergerak cepat seiring dengan cepatnya perkembangan peradaban dunia di berbagai bidang.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: